You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
14 RW di Kelurahan Warakas Siap Ikuti PGJSS
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

14 RW di Kelurahan Warakas Siap Jalankan PGJSS

Sebanyak 14 RW di Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, siap mengikuti dan menjalankan program Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGJSS). Di hari pertama, Senin (20/6), kegiatan diisi dengan sosialisasi pemilahan sampah yang dilakukan  BPS  (Bidang Pengelolaan Sampah) pada setiap RW.

M emberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan

Lurah Warakas, Makhrus Nugroho mengatakan,  PGJSS ini merupakan implementasi dari Pergub Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga. Tujuannya meningkatkan kembali kesadaran masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah dari sumbernya, serta mengaktifkan kembali BPS di masing-masing RW.  

"Kegiatan ini juga dapat memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan," tuturnya.  

Sudin LH Jaktim Sosialisasikan PGJSS di RW 08 Kelurahan Cipinang

Makhrus mengungkapkan,  pada hari pertama PGJSS ini 14 RW telah melakukan rembuk warga untuk pengumpulan sampah pilah. Kemudian di hari berikutnya mulai mengumpulkan sampah terurai, dan hari terakhir akan dilaksanakan kerja bakti massal pada RW masing-masing.

Kegiatan pilah sampah, menurut Makhrus, sudah dilakukan sebagian warganya. Dia menambahkan, saat ini sebagian besar bak sampah di wilayahnya sudah aktif, namun yang memiliki SK Kepengurusan baru ada lima bank sampah, sisa masih proses penerbitan SK.

Dia berharap, pola pengelolaan sampah ini bisa semakin terinternalisasi dan mendorong kebiasaan baru bagi warga Jakarta dalam memilah dan mengurangi sampah dari sumber.

Telly, Ketua RT 05 RW 09 Kelurahan Warakas, mengaku di wilayahnya sudah ada 45 Kepala Keluarga yang telah aktif mengikuti pilah sampah. Pengumpulan sampah dilakukan di depan rumahnya, mulai pukul 07.00 hingga 09.00 setiap Senin hingga Sabtu.

"Sehari bisa mencapai 13 kilogram sampah organik yang terkumpul. Sampah ini kita manfaatkan untuk pangan maggot dan pupuk. Berharap dengan gerakan bersama ini dapat menjaga lingkungan kita semakin sehat dan bersih," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3980 personNurito
  2. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3968 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2598 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2518 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2466 personFolmer