You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI Ajak Warga Gunakan Aplikasi JakLingko
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Ajak Warga Gunakan Aplikasi JakLingko, Perencana Perjalanan Terintegrasi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh warga dalam bermobilitas. Hadirnya sistem transportasi terintegrasi, JakLingko, menjadi jawaban atas tantangan berpindah moda dengan mudah di ibu kota.

M emberikan berbagai pelayanan terbaik kepada masyarakat

Inovasi terhadap keberlangsungan sistem transportasi JakLingko terus dilakukan. Salah satunya, menghadirkan aplikasi JakLingko, sehingga masyarakat dapat dengan mudah merencanakan perjalanan terintegrasi hanya dalam genggaman tangan. 

103 Booth Ramaikan Anjungan DKI Jakarta di PRJ Kemayoran

Aktivasi aplikasi JakLingko dilaksanakan secara simbolis oleh PT JakLingko Indonesia di Panggung Utama Jakarta Fair Kemayoran, Arena JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis malam (23/6). 

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, berkesempatan hadir dalam kegiatan aktivasi aplikasi tersebut. Ia mengapresiasi kinerja PT JakLingko Indonesia yang telah memasuki fase kedua yakni 'mobility as a service' sebagai perwujudan integrasi sistem transportasi untuk kemudahan warga Jakarta. 

"Atas nama  Pemprov DKI Jakarta, kami sangat mengapresiasi kehadiran JakLingko yang telah membawa perubahan dan solusi besar di Jakarta. Ini langkah yang luar biasa. Semoga semakin berkembang lebih pesat sehingga memberikan berbagai pelayanan terbaik kepada masyarakat Jakarta. Besar harapan kami, aplikasi JakLingko akan semakin menjadi jawaban dari berbagai kebutuhan masyarakat dan terus memberikan pelayanan yang terbaik," ungkapnya saat memberikan sambutan, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta. 

Untuk meningkatkan pelayanan, Pemprov DKI Jakarta mengajak seluruh masyarakat menggunakan aplikasi JakLingko sebagai aplikasi perencana perjalanan yang terintegrasi; serta mengharapkan semua pihak dapat memberikan masukan agar aplikasi JakLingko semakin bermanfaat ke depannya.

Aplikasi JakLingko dapat menjadi pemandu yang baik, karena sistemnya terintegrasi dengan moda transportasi yang tersedia di Jakarta dengan memaksimalkan fitur-fitur yang telah disediakan. Warga Jakarta dapat mengunduh aplikasi JakLingko di Playstore (untuk pengguna Android) atau AppStore (untuk pengguna iOs). 

Aplikasi JakLingko ini juga bertujuan untuk meningkatkan 'seamless transaction' di sektor transportasi serta memberikan kemudahan dan banyak manfaat bagi masyarakat, yang mencakup prinsip Ekonomis, Efektif, dan Efisien (3 E). Hadirnya aplikasi JakLingko di tengah masyarakat juga menandai era transportasi perkotaan yang semakin modern di Kota Jakarta. 

Integrasi sistem pembayaran juga diperluas, sehingga masyarakat juga dapat melakukan pembayaran lainnya, seperti BPJS, Token Listrik, Pulsa, terintegrasi dengan mitra transportasi first mile dan last mile (ojek online), dan PeduliLindungi sebagai upaya tracing digital guna menghentikan penyebaran pandemi COVID-19. 

"Jadi, nanti mulai dari MRT, ojek online, dan sebagainya bisa terintegrasi. Kita bisa menghemat waktu, biaya, efektif, dan efisien. Jangan lupa nanti ada puncak perayaan HUT ke-495 Kota Jakarta, gunakan aplikasi JakLingko untuk mendapatkan tiketnya. Baru-baru ini JakLingko juga telah mengadakan perjanjian kerja sama dengan perusahaan teknologi berbasis augmented reality di Asia Tenggara untuk menghadirkan transportasi publik di Metaverse. Ini tentu langkah yang luar biasa," jelas Wagub Ariza. 

Untuk ke depan, konsep Tarif Terintegrasi Multimoda antara MRT Jakarta, Transjakarta, dan LRT Jakarta juga dapat segera terealisasikan melalui aplikasi JakLingko. Dengan diterapkannya konsep ini, para pengguna transportasi umum diharapkan dapat segera menikmati perjalanan multimoda tersebut dengan pengenaan tarif maksimal Rp 10.000,- untuk 3 (tiga) jam perjalanan.

"Integrasi antarmoda transportasi memiliki benefit tidak hanya sekadar memudahkan mobilitas masyarakat, tetapi juga efisiensi dari biaya transportasi masyarakat dalam segala aktivitasnya, yaitu bekerja ke kantor, berdagang, pergi ke sekolah, kampus, sekaligus mengurangi jejak karbon sehingga menurunkan polusi udara," ujar Wagub Ariza. 

Sementara itu, Direktur Utama PT JakLingko Indonesia, Muhamad Kamaluddin menyampaikan apresiasi atas dukungan jajaran Pemprov DKI Jakarta. Ia mengatakan, JakLingko hadir sebagai buah dari kolaborasi semua pihak. Ia pun mengatakan bahwa pihaknya akan terus menambah fungsi atau fitur lainnya yang dapat mempermudah kebutuhan warga Jakarta. 

"Di malam ini, Bapak/Ibu semuanya dapat mengunduh aplikasi JakLingko. Aplikasi JakLingko sudah semakin lengkap, salah satunya dengan fasilitas pembelian tiket Malam Puncak Jakarta Hajatan di JIS, dan lain sebagainya. Kami berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan semua pihak memberikan manfaat bagi warga Jakarta dan sekitarnya," tuturnya. 

Turut hadir dalam kegiatan itu, Perwakilan Dewan Transportasi Kota Jakarta, Adrianus Satrio; Perwakilan PT MRT Jakarta, Rendi Alhial; Direktur PT Transjakarta, Izzul Waro; Direktur PT LRT Jakarta, Hendri Saputra; Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Widi Amanasto; Direktur PT Kereta Commuter Indonesia, Adang Sujana; Direktur Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia, Lutfie A. Bakrie; Direktur Grab Indonesia, Neneng Goenadi; Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo; serta Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta, Marulina Dewi Mutiara.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye7456 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5377 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5138 personNurito
  4. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5004 personTiyo Surya Sakti
  5. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4998 personAnita Karyati