You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Calon Abnon Jakut Minim Wawasan Kewilayahan
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Pengetahuan Calon Abnon Soal Objek Wisata Minim

Sebanyak 250 peserta yang mengikuti ajang pemilihan Abang None Jakarta Utara 2015 diwajibkan menguasai aspek kepariwisataan di Jakarta Utara. Namun, berdasarkan wawancara dan tes awal dari juri, pengetahuan tentang objek wisata di Jakarta Utara dinilai masih relatif belum memuaskan.

Rata-rata peserta hanya tahu Ancol, Kelapa Gading dan Sunda Kelapa. Padahal, sebagai calon duta wisata, mereka harus matang menguasai materi wisata di Jakut

Tes terhadap calon Abnon dilakukan 3 juri di bidang psikologi, Wina Lina Rini, sejarah Yoyo Muktar dan Rosita Aryani Tambunan bidang pemerintahan. Selain menilai penampilan, penyaringan juga menguji materi kepribadian, pemahaman dan pengetahuan tentang objek wisata dan program pemerintahan di wilayah Jakarta Utara.

Salah seorang juri seleksi calon Abnon Jakarta Utara, Rosita Aryani Tambunan mengatakan, dari seleksi hingga semifinal yang digelar, hampir seluruh peserta dinilainya minim wawasan kewilayahan. Seperti saat ditanyakan program 12 jalur destinasi wisata Jakarta Utara, hampir seluruh peserta belum memahaminya.

15 Pasangan Diseleksi Jadi Abnon Jakut

"Rata-rata peserta hanya tahu Ancol, Kelapa Gading, dan Sunda Kelapa. Padahal, sebagai calon duta wisata, mereka harus matang menguasai materi wisata di Jakut," ujarnya, Minggu (3/5).

Selain itu, lanjut Rosita, banyak peserta yang minim pengetahuan di bidang pemerintahan. "Seperti hal kecil tentang siapa lurah di wilayahnya atau bagaimana cara mengurus KTP mereka tidak tahu. Ke depan, mereka harus lebih paham sehingga bisa membantu program pemerintah untuk mempromosikan Jakarta Utara," kata Rosita, yang juga menjabat sebagai Kasudin Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Utara itu.

Sementara itu, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara, Suwarto mengatakan, pihaknya akan melakukan penggemblengan selama 2 pekan untuk para finalis. Tidak hanya materi tentang kepribadian dan penampilan, para finalis juga akan diberi materi tentang pariwisata, wawasan kewilayahan, serta program-program pemerintahan yang berkaitan dengan tugas Abnon.

"Pasca 30 peserta finalis kita umumkan nanti malam, mereka akan kita beri materi selama 2 minggu. Intinya kita akan gembleng agar mereka bisa menjadi duta yang mempromosikan Jakarta Utara," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1198 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1126 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1124 personAnita Karyati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye928 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye924 personNurito