You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Raih 100 Besar ADWI, Pulau Kelapa akan Terus Ditingkatkan
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pulau Kelapa Masuk Nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, masuk dalam nominasi 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kementerian  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kami akan tingkatkan dan perbaiki agar bisa masuk 50 terbaik

Lurah Pulau Kelapa, Muslim menjelaskan, persiapan yang dilaksanakan untuk mengikuti lomba ADWI 2022 ini meliputi kebersihan, kesehatan, keamanan dan environmental sustainability (CHSE), desa digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata alam, budaya, buatan, konten kreatif, homestay, dan fasilitas toilet yang sehat.

"Kami terus berusaha membawa pariwisata Pulau Kelapa untuk memenuhi syarat dari lomba ADWI ini. Pada  2019 kami hanya lolos 300 besar. Alhamdulillah 2022 kami tembus 100 besar," ucapnya, Selasa (28/6).

Kawasan Pecinan Glodok Wakili DKI di Ajang ADWI

Muslim menjelaskan, pelaksanaan lomba  dilakukan sejak 19 Februari hingga 31 Maret. Pada akhir April diumumkan bahwa wisata Pulau Kelapa tembus 100 besar.

"Ini berkat dukungan dari Pemkab Kepulauan Seribu yang terus melakukan perbaikan di Pulau Kelapa," ucapnya.

"Kami akan tingkatkan dan perbaiki agar bisa masuk 50 terbaik dari 1.800 peserta pelaku wisata se-Indonesia yang mengikuti lomba ini," lanjutnya.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyatakan,  akan terus memberikan perhatian dan meningkatkan infrastruktur dermaga, jaringan listrik dan internet, hingga transportasi di Kepulauan Seribu.

Dia berharap,  semua pulau yang ada di Kepulauan Seribu menjadi Pulau Desa Wisata terbaik pada masa akan datang.

"Kami bangga Jakarta mempunyai Kepulauan Seribu. Ini pariwisata yang luar biasa. Prinsipnya kami bersama masyarakat terus berupaya sebaik mungkin agar Kepulauan kita semakin keren, menarik, produktivitas dan terus menjaga persaudaraan," ujarnya.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno,  mengucapkan selamat kepada Desa Wisata Pulau Kelapa yang masuk 100 besar ADWI. Pihaknya bersama Pemkab Kepulauan Seribu akan menindaklanjuti terkait kebutuhan masyarakat dalam pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya menuntaskan janji,  hadir untuk memberikan motivasi kepada masyarakat. Sekaligus memastikan kebangkitan di Kepuluan Seribu membawa peningkatan penghasilan dan ekonomi untuk masyarakat," terangnya.

Disebutkan Sandi, wilayah Kepulauan Seribu memiliki potensi pariwisata cukup banyak, mulai dari wisata bahari, kuliner, religi, hingga tari-tarian.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Camat -Lurah di Jakpus Distribusikan Surat Imbauan Pembayaran PKB

    access_time29-09-2022 remove_red_eye1740 personFolmer
  2. Tim Rescue Gulkarmat Jakbar Bantu Lepaskan Borgol

    access_time29-09-2022 remove_red_eye1735 personWuri Setyaningsih
  3. Peluncuran Buku Dandang Betawi, Pemprov DKI Dukung Upaya Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda Berupa Resep Kuliner Langka Khas Betawi

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1535 personAnita Karyati
  4. Gabung Jakpreneur, Kopi Rumah Teman Raup Keuntungan

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1449 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Baca Jakarta Triwulan III Tahun 2022 Diikuti 117.219 Peserta

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1221 personAldi Geri Lumban Tobing