You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Raih 100 Besar ADWI, Pulau Kelapa akan Terus Ditingkatkan
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pulau Kelapa Masuk Nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, masuk dalam nominasi 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kementerian  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kami akan tingkatkan dan perbaiki agar bisa masuk 50 terbaik

Lurah Pulau Kelapa, Muslim menjelaskan, persiapan yang dilaksanakan untuk mengikuti lomba ADWI 2022 ini meliputi kebersihan, kesehatan, keamanan dan environmental sustainability (CHSE), desa digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata alam, budaya, buatan, konten kreatif, homestay, dan fasilitas toilet yang sehat.

"Kami terus berusaha membawa pariwisata Pulau Kelapa untuk memenuhi syarat dari lomba ADWI ini. Pada  2019 kami hanya lolos 300 besar. Alhamdulillah 2022 kami tembus 100 besar," ucapnya, Selasa (28/6).

Kawasan Pecinan Glodok Wakili DKI di Ajang ADWI

Muslim menjelaskan, pelaksanaan lomba  dilakukan sejak 19 Februari hingga 31 Maret. Pada akhir April diumumkan bahwa wisata Pulau Kelapa tembus 100 besar.

"Ini berkat dukungan dari Pemkab Kepulauan Seribu yang terus melakukan perbaikan di Pulau Kelapa," ucapnya.

"Kami akan tingkatkan dan perbaiki agar bisa masuk 50 terbaik dari 1.800 peserta pelaku wisata se-Indonesia yang mengikuti lomba ini," lanjutnya.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyatakan,  akan terus memberikan perhatian dan meningkatkan infrastruktur dermaga, jaringan listrik dan internet, hingga transportasi di Kepulauan Seribu.

Dia berharap,  semua pulau yang ada di Kepulauan Seribu menjadi Pulau Desa Wisata terbaik pada masa akan datang.

"Kami bangga Jakarta mempunyai Kepulauan Seribu. Ini pariwisata yang luar biasa. Prinsipnya kami bersama masyarakat terus berupaya sebaik mungkin agar Kepulauan kita semakin keren, menarik, produktivitas dan terus menjaga persaudaraan," ujarnya.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno,  mengucapkan selamat kepada Desa Wisata Pulau Kelapa yang masuk 100 besar ADWI. Pihaknya bersama Pemkab Kepulauan Seribu akan menindaklanjuti terkait kebutuhan masyarakat dalam pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya menuntaskan janji,  hadir untuk memberikan motivasi kepada masyarakat. Sekaligus memastikan kebangkitan di Kepuluan Seribu membawa peningkatan penghasilan dan ekonomi untuk masyarakat," terangnya.

Disebutkan Sandi, wilayah Kepulauan Seribu memiliki potensi pariwisata cukup banyak, mulai dari wisata bahari, kuliner, religi, hingga tari-tarian.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye5731 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4661 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4415 personNurito
  4. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4281 personAnita Karyati
  5. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4273 personTiyo Surya Sakti