You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
RW 08 Cipinang Ikuti Lomba Proklim Tingkat Provinsi
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

RW 08 Cipinang Disambangi Tim Verifikasi Lomba Proklim

Tim Verifikasi Lomba Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat Provinsi DKI 2022, Senin (18/7), mengunjungi wilayah RW 08 Kelurahan Cipinang, Pulogadung, Jakarta Timur. Wilayah RW 08 merupakan salah satu wakil Jakarta Timur untuk lomba ini.

Wilayah yang pertama kali diverifikasi oleh tim.

Tim yang dipimpin Susi Indriyani ini meninjau urban farming di samping rel kereta api, taman di bawah kolong Flyover Cipinang Lontar, pekarangan warga rumah sehat di wilayah RT 09/08 dan mengecek sejumlah titik Lubang Resapan Biopori di wilayah RT 05/08.

Menurut Susi, Jakarta Timur mengirimkan enam kelurahan. Masing-masing RW 08 Kelurahan Cipinang, Kelurahan Pisangan Timur, Pekayon, Pinang Ranti, Kalisari dan Kelurahan Jatinegara.

Persiapan Lomba Proiklim, Pemkot Jaksel Perkuat Kolaborasi

Untuk tigkat provinsi, lanjut Susi, totalnya ada 18 wilayah yang akan diverifikasi, mulai 18 hingga 25 Juni mendatang.

"Kelurahan Cipinang ini wilayah yang pertama kali diverifikasi oleh tim. Untuk kelurahan lainnya dilakukan menyusul secara bertahap," katanya.

Hasil penilaian sementara, di RW 08 Cipinang ini warganya sangat kompak, RT, RW LMK, toko masyarakat dan sebagainya. Ketua RW juga bisa mengayomi warga walaupun baru menjabat ketua RW dan komunikasi dengan RW yang lama juga cukup bagus," kata Susi.

Menurutnya, unsur kekompakan adalah kunci utama dalam proklim ini. Dimana saat ada kegiatan, warga selalu semangat, guyub dan mau bergotong royong.

"Tujuan program ini lebih pada upaya melakukan pengendalian perubahan iklim," tukasnya.

Dia menyampaikan, untuk mengendalikan perubahan iklim ini perlu ada aksi. Di antaranya, membuat lubang resapan biopori, sumur resapan, ketahanan pangan, urban farming.

Kemudian aksi mitigasi pengelolaan sampah di tingkat warga dan warga juga melakukan pola perilaku hidup bersih dan sehat.

Lurah Cipinang, Watini berharap, wilayah RW 08 Cipinang dapat keluar sebagai juara tingkat provinsi dan bisa dilanjutkan dalam lomba Proklim tingkat nasional.

Menurut Watini, wilayah RW 08 dapat mewakili Jakarta Timur untuk tampil dalam proklim karena adanya dukungan kuat dari berbagai elemen. Seperti pengurus RT/RW, LMK, kader PKK, dasawisma, Jumantik, FKDM, hingga tokoh masyarakat.

"Masyarakat di sini sangat guyub dalam membangun lingkungannya, kita sangat apresiasi," ucapnya.

Dalam lomba Proklim ini, rencananya pemberian apresiasi dilakukan oleh gubernur DKI pada bulan Oktober 2022 mendatang. Yang terpilih menjadi juara akan diikutkan dalam lomba proklim tingkat nasional.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4427 personNurito
  2. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3774 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3772 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3614 personFolmer
  5. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2671 personAnita Karyati