You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Basuki Akan Bentuk Petugas Kebersihan di Ibukota
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Lurah Diminta Awasi Kinerja Pasukan Kebersihan

Persoalan sampah menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Penanganan sampah akan diselesaikan dengan cara membentuk pasukan kebersihan. Rencananya, tim penanganan sampah ini akan dibentuk di wilayah Jakarta Utara dengan pengawas langsung lurah setempat.

Jadi kalau sebuah wilayah kotor, maka yang disalahkan pertama itu pasti si lurahnya

"Ini khusus untuk utara, khusus buat kota. Kita kan udah mulai pendelegasian ke lurah, camat dan walikota. Jadi kalau sebuah wilayah kotor, maka yang disalahkan pertama itu pasti si lurahnya," kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama usai menerima hibah sebanyak lima truk sampah dari PT Pelindo II di pendopo Balaikota, Senin (11/5).

Ia mengatakan, camat di setiap wilayah nantinya mengemban tugas mengawasi kinerja lurah. Begitu pula dengan walikota yang mengemban tugas untuk memantau kinerja camat.

Basuki Senang Dapat Hibah 5 Truk Sampah

"Jadi fungsi daripada SKPD-SKPD itu menjadi semacam konsultan-konsultan kontraktor. Tapi yang punya wilayah ini yang menentukan mau bersihnya, selokannya dan dia juga punya pasukan, 40 sampai 70 orang," ujarnya.

Basuki pun mengaku gemas terhadap sistem pengangkutan truk sampah di ibu kota yang masih menerapkan pola sewa ketimbang membeli armada sendiri. Basuki sendiri mengaku kecewa terhadap pola sewa truk sampah di ibu kota. Pasalnya, tidak jarang sejumlah truk sampah itu memilih lokasi pengangkutan yang dianggap menguntungkan untuk kantong pribadi sang sopir. Ke depan, kejadian itu diharapkan tidak akan terjadi lagi, karena truk sampah akan dipasangi Global Positioning System (GPS).

"Kalau kamu punya Rp 400 miliar buat sewa, kamu dapat berapa? 800 unit. Butuh tidak sewa? Kamu beli 800 biji, keliling saja ke kampung-kampung deh," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1108 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye875 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye786 personBudhi Firmansyah Surapati