You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jakut Targetkan 60 Bank Sampah Di Pemukiman Warga
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Jakut Targetkan Bangun 60 Bank Sampah

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara terus berupaya menanggulangi volume sampah yang terus meningkat di wilayahnya. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memperbanyak jumlah bank sampah. Bahkan tahun ini, Pemkot Jakut menargetkan memiliki sebanyak 60 bank sampah di enam kecamatan di wilayah itu.

Saat ini Jakarta Utara baru memiliki 24 bank sampah. Tahun ini, kita targetkan bangun 60 bank sampah. Nantinya, setiap RW ditargetkan memiliki bank sampah

Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi mengatakan, keberadaan bank sampah sangat dibutuhkan untuk mengatasi persoalan sampah di Jakarta Utara. Apalagi, saat ini pihaknya masih kekurangan sebanyak 100 truk sampah untuk melakukan pengangkutan sampah dari Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi.

"Kalau untuk satu truk butuh Rp 600 juta, berarti untuk 100 truk kita butuh dana sebesar Rp 60 miliar. Kalau bisa mengelola dengan baik melalui bank sampah, anggarannya tersebut bisa kita manfaatkan untuk pembangunan yang lain," ujarnya, Senin (30/3).

Kantor Walikota Jakpus Dilengkapi Bank Sampah

Dikatakan Rustam, untuk mengangkut sampah dari wilayah menuju Bantar Gebang, selama ini Pemprov DKI  menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,5 triliun. Dengan demikian, bila masyarakat membangun bank sampah, akan mengurangi volume sampah yang akan diangkut ke Bantar Gebang.

"Saat ini Jakarta Utara baru memiliki 24 bank sampah. Tahun ini, kita targetkan bangun 60 bank sampah. Nantinya, setiap RW ditargetkan memiliki bank sampah," ungkapnya.

Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara, Bondan Diah Ekowati mengatakan ke-24 bank sampah yang dimiliki saat ini diantaranya Bank Sampah Perisai RW 02 Semper Barat, Karya Peduli RW 09 Semper Barat, Bumi Asri RW 03 Rawa Badak Utara, Kenanga RW 04 Semper Barat dan Bank Sampah Maju Bersama RW 13 Penjaringan. Diakuinya, keberadaan bank sampah amat membantu dalam mengatasi persoalan sampah di Jakarta Utara.

"Makanya kita terus mendorong masyarakat membuat bank sampah. Selama ini kita terus melakukan penyuluhan dan bimbingan kepada warga," katanya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye4558 personTP Moan Simanjuntak
  2. Pj Gubernur Buka Secara Resmi Pameran Flona 2024

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1949 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Petugas Gabungan Tangani Longsor Tebing Tol di Jalan Mulia Bhakti

    access_time06-07-2024 remove_red_eye1643 personTiyo Surya Sakti
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1232 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye976 personTiyo Surya Sakti