You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tarif Integrasi Resmi Berlaku Hari Ini di 3 Moda Transportasi
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Tarif Integrasi Resmi Berlaku Hari Ini di Tiga Moda Transportasi

Terhitung mulai Kamis (11/8) hari ini, pengguna transportasi umum di wilayah Jakarta dapat menikmati tarif integrasi antarmoda transportasi.

Ongkos tarif yang telah disesuaikan maksimal Rp 10 ribu 

Penerapan tarif integrasi berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 733 Tahun 2022 tentang Besaran Paket Tarif Layanan Angkutan Umum Massal.

PT JakLingko Indonesia selaku perusahaan yang mengimplementasikan tarif integrasi terus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mulai dari sisi regulasi, sosialisasi hingga teknis pelaksanaan agar implementasi tarif integrasi antarmoda transportasi dapat berjalan dengan baik.

JakLingko Sediakan Puluhan Ribu Tiket Grand Launching JIS

Selain dengan Dishub DKI Jakarta, PT JakLingko Indonesia juga bersinergi secara intensif dengan tiga BUMD transportasi DKI selaku operator yang juga menerapkan tarif integrasi. Masing-masing PT Transjakarta, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT LRT Jakarta.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengatakan, implementasi tarif integrasi merupakan penugasan yang diamanahkan Pemprov DKI Jakarta agar masyarakat di Ibu Kota kian tergerak menggunakan transportasi umum yang telah tersedia.

Pelaksanaannya juga didukung dengan teknologi yang telah disiapkan seperti melalui aplikasi JakLingko agar lebih optimal. Dalam layanan ini, pengguna transportasi dapat merasakan manfaat tarif integrasi melalui aplikasi JakLingko. Lewat aplikasi tersebut, pengguna bisa menginput lokasi tujuan dan memilih rekomendasi rute sesuai dengan tujuan.

"Ongkos tarif yang telah disesuaikan maksimal Rp 10 ribu jika menggunakan lebih dari satu moda. Apabila pengguna hanya menggunakan satu moda saja, tarif akan sama dengan yang berlaku di masing-masing operator saat ini,” kata Kamaluddin, Kamis (11/8).

Kamaluddin mencontohkan, bila hanya menggunakan Transjakarta, penumpang tetap dikenakan Rp 3.500. Namun jika terdapat kombinasi perjalanan antara Transjakarta dan MRT Jakarta, maka penumpang dikenai tarif integrasi yang perhitungannya menjadi lebih terjangkau dari ongkos biasanya.

Sebagai informasi, tarif integrasi yang saat ini berlaku apabila pengguna memesan tiket perjalanan melalui aplikasi JakLingko dengan lebih dari satu moda transportasi seperti bus Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.

Besarnya tarif kombinasi dihitung berdasarkan jarak dengan biaya awal menaiki moda pertama Rp 2.500 dan untuk selanjutnya dikenakan Rp 250 per kilometer dengan plafon tarif maksimal Rp 10 ribu dalam satu kali perjalanan menggunakan aplikasi JakLingko.

Sementara itu, jika pengguna hanya menggunakan satu moda transportasi, maka berlaku tarif yang sama di tiap operator seperti saat ini (eksisting). Beberapa contoh rute dengan kombinasi moda transportasi di antaranya:

1. Stasiun MRT Bundaran HI menuju Halte CBD Ciledug BRT (TJ)

-Tarif Normal: Rp 10.500.

-Tarif Integrasi: Rp 6.750.

2. Stasiun MRT Fatmawati menuju Halte Gatot Subroto Jamsostek Arah Timur BRT (TJ)

-Tarif Normal: Rp 10.500.

-Tarif Integrasi: Rp 5.000.

3. Stasiun LRTJ Boulevard Selatan menuju Stasiun MRT Cipete Raya

-Tarif Normal: Rp 16.500

-Tarif Integrasi: Rp 7.500.

Khusus untuk moda Transjakarta, pada tahap awal tarif integrasi berlaku di ruas BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta dengan scan-in tiket di halte koridor.

Untuk non-BRT seperti Metrotrans, Minitrans dan Mikrotrans dengan scan-in tiket di armada (umumnya terdapat di samping sopir), belum dapat dilakukan dan masih dalam tahap pengembangan.

Sementara, untuk Mikrotrans masih berlaku tarif Rp 0 atau gratis dan tarif pada jam khusus 05:00-07:00. Pada Transjakarta berlaku tarif eksisting atau Rp 2.000, tidak berpengaruh terhadap pemberlakuan tarif integrasi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Camat -Lurah di Jakpus Distribusikan Surat Imbauan Pembayaran PKB

    access_time29-09-2022 remove_red_eye1763 personFolmer
  2. Tim Rescue Gulkarmat Jakbar Bantu Lepaskan Borgol

    access_time29-09-2022 remove_red_eye1758 personWuri Setyaningsih
  3. Peluncuran Buku Dandang Betawi, Pemprov DKI Dukung Upaya Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda Berupa Resep Kuliner Langka Khas Betawi

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1559 personAnita Karyati
  4. Gabung Jakpreneur, Kopi Rumah Teman Raup Keuntungan

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1475 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Baca Jakarta Triwulan III Tahun 2022 Diikuti 117.219 Peserta

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1245 personAldi Geri Lumban Tobing