You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkab Kepulauan Seribu Gelar Pembinaan UMKM di Pulau Pramuka
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

25 Jakpreneur di Pulau Pramuka Diberikan Pelatihan UMKM

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mengadakan kegiatan pelatihan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bagi 25 pelaku usaha binaan atau Jakpreneur di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni Senin (15/8) dan Selasa (16/8).

Jadi, UMKM akan terbantu sekali dengan bergeraknya sektor pariwisata

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan mengatakan, pariwisata memiliki hubungan yang erat dengan UMKM di daerah Kawasan Staretgis Pariwisata Nasional (KSPN). Karena itu, pelaku UMKM dapat memasok kebutuhan terkait dengan pariwisata, mulai dari layanan wisata, kuliner, homestay hingga suvenir.

"Potensi wisata ini sangat erat kaitannya, hubungannya dengan UMKM. Jadi, UMKM akan terbantu sekali dengan bergeraknya sektor pariwisata," ujarnya, Selasa (16/8).

Bazar Kuliner UMKM Binaan Ramaikan Jakarnaval

Dilanjutkan Fadjar, para peserta sebelumnya  juga sudah mengikuti pelatihan membuat produk olahan makanan, dan membuat kemasan atau packing yang bagus berbasis kearifan lokal. Peserta pun sudah menguasai materi dan mempraktikkan dengan baik.

"Akan tetapi kami sadar masih terkendala dengan pemasaran. Mudah-mudahan dengan pembinaan ini para Jekpreneur bisa memasarkan produk olahan UMKM dengan maksimal di pasar nasional dan internasional," katanya.

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Kepulauan Seribu, Bangun Richard menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan soft skill binaan Jakpreneur.

Selain Pulau Pramuka, kegiatan ini juga akan diselenggarakan di pulau permukiman lain seperti, Pulau Sebira, Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Harapan.

"Tujuan pelatihan untuk meningkatakan semangat menjalankan usaha dan mewujdkan UMKM yang tangguh, mandiri serta meningkatkan daya saing menembus pasar nasional," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Camat -Lurah di Jakpus Distribusikan Surat Imbauan Pembayaran PKB

    access_time29-09-2022 remove_red_eye1752 personFolmer
  2. Tim Rescue Gulkarmat Jakbar Bantu Lepaskan Borgol

    access_time29-09-2022 remove_red_eye1747 personWuri Setyaningsih
  3. Peluncuran Buku Dandang Betawi, Pemprov DKI Dukung Upaya Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda Berupa Resep Kuliner Langka Khas Betawi

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1547 personAnita Karyati
  4. Gabung Jakpreneur, Kopi Rumah Teman Raup Keuntungan

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1462 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Baca Jakarta Triwulan III Tahun 2022 Diikuti 117.219 Peserta

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing