You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Gubernur Anies Inisiasi Hunian Terjangkau di Kawasan TOD MRT Jakarta
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Gubernur Anies Inisiasi Hunian Terjangkau di Kawasan TOD MRT Jakarta, Hadirkan Paradigma Baru Kehidupan Urban

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menginisiasi hadirnya hunian terjangkau untuk kelas menengah bertajuk Alaspadu dan Rumapadu yang dilaksanakan PT MRT Jakarta (Perseroda) melalui anak usahanya PT Integrasi Transit Jakarta berkolaborasi dengan pihak swasta.

Ka mi menyiapkan hunian bagi yang berpenghasilan rendah dan menengah

Hal ini ditandai dengan penandatanganan dua Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Hunian Terjangkau, antara Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda), Farchad Mahfud dan CEO PT Rukita Bhinneka, Sabrina Soewatdy, dan Direktur Utama PT Cove Living Indonesia, Rizky Kusumo yang disaksikan oleh Gubernur Anies dan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Mohamad Aprindy.

Alaspadu dan Rumapadu mengakomodir kebutuhan dan kemampuan kelas pekerja menengah (penghasilan 7-20 juta/bulan) yang belum terakomodir dalam program perumahan untuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah dan juga belum mampu memiliki hunian di pusat kota. Ini juga merupakan bagian dari JAKHABITAT yang merupakan solusi penyediaan hunian di DKI Jakarta.

Resmikan 33 Tower Rusunawa JakHabitat, Gubernur Anies Pesankan Jaga Kerukunan Antarwarga

"Saya ingin sampaikan pesan kepada seluruh warga Jakarta bahwa kami menyiapkan hunian bagi yang berpenghasilan rendah, dan menengah. Dan yang menengah ini disiapkan dengan pola-pola kolaborasi. Maka kami berharap usaha akan tumbuh berkembang. Kemudian mereka yang membutuhkan tempat akan terfasilitasi, dan kita saat ini sedang menawarkan paradigma baru hidup di kawasan Urban," ujar Gubernur Anies di lokasi Alaspadu, Jl. Kudus Menteng, Stasiun Dukuh Atas BNI, Jakarta Pusat seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Jumat (19/8).

Gubernur Anies juga menjelaskan bahwa pihak pengelola bagunan tidak kehilangan propertinya karena bangunan tersebut tidak dijual maupun dilepas kepemilikannya, melainkan dikelola dengan bersama Pemprov DKI Jakarta.

Pemilik gedung dengan Pemprov DKI Jakarta telah melakukan suatu pendekatan kolaborasi untuk menghadirkan hunian tersebut.

"Oleh karena itu, saya mengundang kepada generasi baru Indonesia yang saat ini mulai meniti karir di Jakarta, yang mulai membangun masa depannya. Mari bangun masa depan dengan lifestyle baru, dengan pola mobilitas baru yaitu mengandalkan kendaraan umum, mengandalkan jalan kaki. Sehingga ini merujuk pada kendaraan bebas emisi seperti sepeda dan di tempat-tempat yang dekat dengan kawasan pekerjaan," jelas Gubernur Anies.

Perlu diketahui, Alaspadu merupakan hunian sewa berkonsep co-living, sedangkan Rumapadu merupakan hunian kepemilikan (kelas apartemen).

Keduanya dihadirkan di kawasan berorientasi transit dengan jarak yang sangat dekat dengan stasiun MRT dan moda transportasi publik lainnya, serta harga yang terjangkau.

Penyediaan hunian terjangkau di kawasan Transit Oriented Development (TOD) ini bertujuan meningkatkan penggunaan transportasi publik melalui pengurangan penggunaan kendaraan bermotor pribadi, menciptakan keterjangkauan jarak tempuh masyarakat dari tempat tinggal ke tujuan, sehingga dapat mendorong pertumbuhan kota secara berkelanjutan, serta membantu ketersediaan hunian bagi masyarakat yang belum dan kesulitan dalam mendapatkan akses hunian yang berkualitas.

Lebih lanjut, kerja sama tersebut telah menghasilkan 359 unit Alaspadu dengan rincian 106 unit siap huni dan 253 unit dalam tahap persiapan/penjajakan kerja sama.

Hunian Alaspadu tersebar di sekitar tiga stasiun MRT Jakarta, yaitu Rukita Kudus Menteng (54 Unit) yang berjarak sekitar 550 meter dari Stasiun Dukuh Atas BNI, Rukita Jack House Melawai (25 Unit) yang berjarak 290 meter dari Stasiun Blok M BCA, dan COVE Sky Cipete (27 Unit) yang berjarak 700 meter dari Stasiun Cipete Raya.

Serta 320 unit Rumapadu yang dalam tahap pembangunan dan berlokasi di One Bell Park Apartment, Fatmawati, yang berjarak sekitar 1,6 kilometer dari Stasiun Fatmawati.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy mengatakan bahwa sebagai operator utama pengelola kawasan berorientasi transit di sepanjang jalur MRT fase I, PT MRT Jakarta (Perseroda) berkewajiban untuk menghadirkan akses yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Salah satu prinsip pengembangan kawasan berorientasi transit ialah fungsi campuran yang di dalamnya termasuk hunian dalam radius jalan kaki. Kerja sama dengan pelaku usaha properti seperti COVE Living Indonesia dan Rukita Bhinneka merupakan upaya kolaboratif dalam mewujudkan hal tersebut. Ke depan, kami akan terus menggali potensi kerja sama lainnya demi mewujudkan kawasan berorientasi transit di setiap stasiun MRT Jakarta,” tuturnya.

Sementara Direktur Utama PT ITJ Aidin Barlean menyampaikan sejumlah strategi penyediaan hunian terjangkau.

“Sejauh ini, kami menerapkan tiga strategi, yaitu bekerja sama dengan perusahaan unit properti aktif seperti COVE dan Rukita, mengakuisisi dan mengonversi unit-unit yang belum terutilitasi secara optimal, dan membangun baru di lahan-lahan kosong (greenfield),” pungkas Aidin.

Perlu diketahui, penyediaan hunian terjangkau di kawasan TOD ini juga dalam rangka merealisasikan target People Near Transit (jumlah penduduk bermukim dalam radius 800 m dari titik transit) 70 persen di tahun 2030 dan penyediaan 20 persen hunian terjangkau di setiap kawasan berorientasi transit sesuai Peraturan Gubernur No. 67 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kawasan Berorientasi Transit.

Untuk informasi terkait hunian terjangkau Alaspadu dan Rumapadu dapat dilihat pada Galeri Huni JAKHABITAT serta pada website dan akun media sosial MRT Jakarta.

Sementara untuk pemdaftaran melalui Website/Aplikasi Rukita atau Cove https://www.rukita.co/collections/alaspadu-rukita-mrt; Cari dan Pilih Hunian yang diminati; Isi Form Pemesanan/Registrasi; Verifikasi Form Pemesanan/Registrasi; Jika sudah terverifikasi, Calon Penghuni dapat segera menempati Hunian.

Ke depan, sistem pendaftaran akan terintegrasi dengan apps & website khusus TOD, sedangkan untuk hunian kepemilikan Rumapadu dapat mendaftar di marketing gallery yang berlokasi di One Bell Park Mall Fatmawati.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4664 personNurito
  2. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4039 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4015 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3853 personFolmer
  5. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2925 personAnita Karyati