You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DPRD DKI Usulkan Tiga Nama Calon Penjabat Gubernur DKI
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Ini Tiga Nama Calon Penjabat Gubernur DKI Rekomendasi DPRD

Rapat Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Selasa (13/9), memutuskan tiga nama calon Penjabat Gubernur yang akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketiga nama ini besok akan kami kirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengatakan, sebelumnya ada empat nama yang diusulkan sembilan fraksi yaitu Heru Budi Hartono, Marullah Matali, Bahtiar dan Juri Ardianto. Selanjutnya, dilakukan pemungutan suara untuk menjaring tiga nama teratas. Hasilnya, Heru Budi Hartono dan Marullah Matali memperoleh sembilan suara, lalu Bahtiar mendapat enam suara dan Juri Ardiantoro tiga suara.

"Pemungutan suara ini terjaring tiga nama teratas yaitu Heru, Marullah dan Bahtiar. Ketiga nama ini besok akan kami kirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," ujar Pras.

Pimpinan DPRD Minta Tiap Fraksi Siapkan Tiga Nama Calon Penjabat Gubernur

Pras menjelaskan, Heru Budi Hartono saat ini menjabat Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) dan pernah menjadi Wali Kota Jakarta Utara serta Kepala Biro KDH DKI. Marullah Matali kini menjabat  Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta dan sebelumnya pernah menjadi Wali Kota Jakarta Selatan. Sedangkan Bahtiar saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan pernah menjadi Penjabat Gubernur,

"Saya yakin ketiga nama ini memenuhi syarat, tinggal kita serahkan kepada Kemendagri dan Presiden siapa yang akan dipilih. Kita hanya menunggu, karena ini usulan terbaik dari kita sebagai wakil rakyat Jakarta," ungkapnya.

Menurut Pras, Penjabat Gubernur nantinya memiliki fungsi dan tugas yang sama seperti Gubernur sebelumnya. Diharapkan, Penjabat Gubernur yang terpilih nanti dapat menyelesaikan tugas (PR) Jakarta yang selama ini belum tereksekusi.

"Setelah Penjabat Gubernur ditunjuk, mungkin nanti DPRD akan membuat suatu seremonial atau semacam coffee morning untuk membahas permasalahan  Jakarta," katanya.  

Hal senada diutarakan Wakil Ketua DPRD DKI, Misan Samsuri. Menurutnya, tiga nama ini sudah memiliki pengalaman dalam mengelola tata kota di Jakarta serta pantas untuk menjadi Penjabat Gubernur.

"Penentuan tiga usulan nama ini berlangsung demokratis, karena sebelumnya kami juga telah melakukan rapim bersama seluruh ketua fraksi untuk menentukan mekanisme pemilihan ini. Harapan kami siapa yang terpilih dapat membawa Jakarta lebih baik," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9209 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7983 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6790 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6521 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6494 personAldi Geri Lumban Tobing