You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jakpus Gelar senam jiwa
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Pemkot Jakpus Gelar Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menggelar peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang digelar di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran, Jumat (30/9).

kita menggelar layanan deteksi status kejiwaan dan senam bersama

Pada kesempatan itu, Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan, masalah  kejiwaan merupakan sesuatu yang penting karena dapat mempengaruhi fisik dan hubungan spiritual sosial. Sebagian besar gangguan kesehatan jiwa disebabkan persoalan ekonomi, sosial dan perilaku.

"Pada peringatan hari kesehatan jiwa sedunia tingkat Kota Jakarta Pusat, kita menggelar layanan deteksi status kejiwaan dan senam bersama. Melalui kegiatan ini, kita semua diingatkan akan pentingnya persoalan kesehatan kejiwaan sama dengan fisik," ujar Dhany Sukma.

100 Peserta Ikuti Webinar Kesehatan Jiwa

Ia memaparkan, seluruh puskesmas se-Jakarta Pusat telah memiliki tim psikolog klinis di bawah penanggung jawab dokter yang dapat melakukan upaya preventif dan intervensi. Tim psikolog akan mengindentifikasi dan memberikan kesimpulan kadar kesehatan jiwa yang dilakukan sejak dini.

"Warga juga dapat melakukan screening kesehatan jiwa secara mandiri melalui aplikasi e-Jiwa yang telah diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beberapa waktu lalu," paparnya.

Sementara  Kepala Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Pusat, Rismasari menambahkan, pihaknya berkolaborasi dengan lintas sektor telah menyosialisasikan kepada warga untuk pemeriksaan kesehatan jiwa di seluruh puskemas kelurahan dan kecamatan.

"Warga yang ingin mendapat layanan konsultasi kesehatan jiwa dapat mendatangi puskesmas kelurahan dan kecamatan,” katanya.

Ia menambahkan, hasil pemeriksaan kesehatan jiwa akan dilanjutkan dengan rekomendasi perawatan bagi pasien.

"Jika hasil pemeriksaan berat, kami akan merujuk ke rumah sakit. Sedangkan jika ringan atau sidang, pasien akan diobati dan dipantau oleh kader yang mendatangi langsung ke rumah," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 30 Anak Penyintas Gempa Cianjur Ikut Layanan Dukungan Psikososial

    access_time24-11-2022 remove_red_eye1821 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. PAM Jaya Kirim Bantuan ke Cianjur

    access_time24-11-2022 remove_red_eye1758 personYudha Peta Ogara
  3. HUT ke-51 KORPRI, Sekda Minta ASN DKI Terus Beri Layanan Terbaik

    access_time24-11-2022 remove_red_eye1736 personTP Moan Simanjuntak
  4. Lurah-Camat di Jaksel Diminta Aktifkan Posko Siaga Bencana

    access_time23-11-2022 remove_red_eye1733 personTP Moan Simanjuntak
  5. Kelompok Budi Daya Rumput Laut Pulau Panggang Terima Paket Bantuan

    access_time23-11-2022 remove_red_eye1688 personBudhi Firmansyah Surapati