You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Hadirkan Kesetaraan dan Kebersamaan di Jakarta, Gubernur Anies Resmikan 100 TMB
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Hadirkan Kesetaraan dan Kebersamaan di Jakarta, Gubernur Anies Resmikan 100 TMB

Dalam upaya menghadirkan kesetaraan dan rasa kebersamaan dalam ruang interaksi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan 100 Taman Maju Bersama (TMB) di Taman Maju Bersama Delonix, Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur,  Rabu (12/10) pagi.

Ini adalah ruang bersama masyarakat

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Timur M.Anwar, dan Kadistamhut DKI, Suzi Marsitawati.

Dikutip dari Siaran Pers PPID DKI, dalam peresmian tersebut Gubernur Anies menjelaskan, TMB dirancang sebagai tempat  warga berinteraksi atau ruang ketiga.

Hadiri Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan 2022, Gubernur Anies Berharap Semangat Gerakan Terus Terjaga

"Ini adalah ruang bersama masyarakat, misalnya transportasi umum, trotoar, dan taman. Itu adalah ruang ketiga untuk warga berinteraksi dan beraktivitas bersama. Prinsip ruang ketiga adalah ruang yang memberikan perasaan kesetaraan, kebersamaan, dan ruang yang memungkinkan antar warga ada interaksi  positif," ujar Gubernur Anies.

Dalam proses pembangunannya, lanjut Gubernur Anies, TMB tersebut dikerjakan dengan pola yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Hal ini karena kebutuhan tersebut berasal dari aspirasi masyarakat yang dimasukkan ke dalam proses perancangan, sehingga di dalam proses perancangannya warga pun terlibat.

"Rancangan yang dihasilkan pun merupakan produk kolaborasi yang melibatkan pemerintah, masyarakat, dan pakar, sehingga muncul format yang berbeda-beda di setiap tempat. Tujuannya adalah begitu taman ini digunakan sesuai dengan kebutuhannya, kita berharap ruang ketiga ini mampu mempersatukan masyarakat  Jakarta dan itulah prinsip di balik TMB," jelas Gubernur Anies.

Gubernur Anies berpesan kepada yang mengelola TMB, agar warga khususnya anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas dan bermain sesuai dengan usianya.

"Karena itu, ditandai dengan tidak adanya larangan untuk menginjak rumput, rumput untuk bermain. Jadi inilah konsep untuk taman maju bersama yang Alhamdulillah Tim Dinas Pertamanan dan Hutan Kota telah berhasil melampaui target yang semula ditargetkan 86 taman maju bersama, Alhamdulillah tercapai 100 Taman Maju Bersama," pungkas Gubernur Anies.

Perlu diketahui, 100 TMB yang telah terbangun di Jakarta yaitu;

1. Jakarta Utara: 17 TMB

2. Jakarta Barat: 17 TMB

3. Jakarta Selatan: 28 TMB

4. Jakarta Timur: 38 TMB

Di samping itu, TMB Delonix yang bertempat di Kecamatan Pasar Rebo ini memiliki luas sebesar 8.000 meter persegi. Karena taman ini berbatasan dengan Sungai Cipinang di sisi Timur, maka dibangun pula retaining wall untuk mengantisipasi luapan banjir.

Selain itu, terdapat beragam fasilitas sebagai zona interaksi di TMB Delonix ini, antara lain ruang untuk kegiatan berkebun, pembelajaran konservasi, ruang sosial besar, ruang sosial kecil, areal bermain dan olahraga, lapangan futsal dan voli, dan jalur pejalan kaki yang nyaman.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2095 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1202 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1077 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1019 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye801 personAldi Geri Lumban Tobing