You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Gratis Tokoh Agama
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

DKI Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Gratis Tokoh Agama

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Medical Check Up (MCU) gratis bagi 1.200 tokoh agama yang sudah terdaftar dan memenuhi persyaratan di seluruh Jakarta.

Jaminan layanan pemeriksaan kesehatan diberikan gratis khusus kepada tokoh agama

MCU tersebut dapat dilakukan di 31 Rumah Sehat untuk Jakarta sesuai dengan pilihan masing-masing tokoh agama.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan layanan jaminan kesehatan berkualitas, baik melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun jaminan kesehatan di luar JKN yang dikelola Unit Pengelola Jaminan Kesehatan Jakarta ( UP Jamkesjak).

Fasilitas dan Layanan Rumah Sehat Diapresiasi Dewan

Pada kegiatan kali ini, Pemprov DKI Jakarta memberikan kegiatan MCU gratis melalui UP Jamkesjak bagi tokoh agama, pengemudi JakLingko dan peserta DTKS yang telah terdaftar.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 46 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan.

“Jaminan layanan pemeriksaan kesehatan diberikan gratis khusus kepada tokoh agama yang telah didaftarkan Lembaga Keagamaan melalui Biro Dikmental DKI Jakarta,” ungkap Widyastuti, Rabu (12/10).

Widyastuti menyampaikan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan serangkaian uji kesehatan rutin yang dilakukan di rumah sakit untuk memeriksa kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mengantisipasi risiko penyakit.

“Tujuannya untuk mengetahui konsidsi tubuh seseorang, sehingga dapat mengetahui lebih dini penyakit yang diderita sebelum muncul gejala dan juga dapat dilakukan penanganan atau pengobatan dini,” ucapnya.

Menurut Widyastuti, MCU gratis ini sebagai bentuk apresiasi bagi para tokoh agama yang telah memberikan jasanya kepada masyarakat. Selain itu, memberikan jaminan kesehatan tokoh agama dalam menjalani tugasnya.

“Termasuk memberikan perlindungan secara dini kepada masyarakat yang rentan agar mendapatkan kebutuhan dasar hidupnya secara maksimal,” terangnya.

Pemeriksaan yang diberikan jaminan layanan pemeriksaan kesehatan diawali dengan pemeriksaan fisik seperti kepala dan leher, perut, kulit serta saraf.

Kemudian pemeriksaan rontgen dada untuk mengevaluasi organ-organ yang terdapat di dalam dada seperti paru-paru, jantung, dan dinding dada.

Selanjutnya, pemeriksaan laboratorium dalam rangka pencegahan dan penemuan dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) yang meliputi darah rutin, lemak darah, gula darah, urin lengkap.

Lalu, pemeriksaan elektrokardiografi (rekam jantung) untuk mengetahui kondisi jantung dan menilai efektivitas pengobatan penyakit jantung.

“Dalam pemeriksaan ini pasien diwajibkan puasa minimal selama 10 jam sebelum pengambilan darah, kecuali pemeriksaan glukosa puasa minimal delapan jam,” jelasnya.

Tercatat, sebanyak 700 tokoh agama telah menjalani MCU gratis di 31 Rumah Sehat untuk Jakarta.

“Segera lakukan MCU untuk deteksi dini penyakit. Dengan pecegahan lebih dini dapat mengurangi resiko komplikasi yang berat,” tandas Widyastuti.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye5229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. DKI Antisipasi Turunnya Kualitas Udara Jelang Kemarau

    access_time07-05-2024 remove_red_eye5058 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye4465 personNurito
  4. 40 PPSU Bersihkan Sampah di Pinggir Kali Angke

    access_time07-05-2024 remove_red_eye4349 personTP Moan Simanjuntak
  5. Sudinsos Jakbar Salurkan Bantuan Logistik Penyintas Kebakaran Kapuk

    access_time07-05-2024 remove_red_eye4178 personTP Moan Simanjuntak