You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
LKB Berharap Kesenian Betawi Bisa Tampil di Jepang
.
photo Agustian Anas - Beritajakarta.id

LKB Berharap Kesenian Betawi Bisa Tampil di Jepang

Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) mendapat kunjungan kehormatan dari para petinggi Soka Gakkai Internasional, Makoto Tsutsumi (Sekjen SGI) dan Shinji Ushioda (Ketua Bagian Asia Selatan SGI) Rabu (3/6) kemarin.

Sebagai wujud konkret persahabatan kami sangat berharap mendapat kesempatan untuk tampil di Min-On

Kedatangan mereka dikawal oleh tim dari Soka Gakkai Indonesia, Taguchi, Elly Muliawan dan Ayumi Shinoki. Acara yang berlangsung di Sekretariat LKB, Gedung Nyi Ageng serang, Kuningan, Jakarta Selatan, dimeriahkan oleh tarian dan musik Betawi serta atraksi silat Betawi.

Ketua umum LKB Tatang Hidayat mengatakan, kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan untuk mempererat hubungan persahabatan kedua belah pihak. Pada Oktober 2012, LKB telah berkunjung ke Soka Gakkai International dalam misi kebudayaan untuk perdamaian yang digelar di Soka Gakkai University, Tokyo, Jepang, dengan tajuk “Malam Budaya dan Persahabatan Indonesia-Jepang."

LKB Ingin Wujudkan Karakter Jakarta Berbudaya

Tokoh muda Betawi ini mengungkapkan harapannya untuk bisa menampilkan seni budaya Betawi di Min-On. Min-On merupakan kependekan Minshu Ongaku, atau “musik untuk semua”. Min-On Concert Assosiation didirikan oleh Daisaku Ikeda, Presiden Soka Gakkai International untuk mempromosikan pertukaran budaya internasional dan perdamaian melalui musik.

“Sebagai wujud konkret persahabatan kami sangat berharap mendapat kesempatan untuk tampil di Min-On,” tegas mantan Komandan Nasional Banser NU ini.

Pendiri LKB Effendi Yusuf berharap agar jalinan persahabatan di jalur kebudayaan antara LKB dan Soka Gakkai bisa terus berlanjut. “Melalui jalur budaya ini kita berharap bisa saling memahami hal-hal yang berkaitan dengan kecintaan masyarakat,” ujarnya.

Shinji Ushioda mengatakan, berbeda dengan organisasi lain yang lebih suka mengundang kesenian dari Eropa, Min-On memang lebih melihat ke jalur sutera laut dan darat.

"Sudah ada 76 kesenian dari berbagai negara yang mereka undang untuk tampil di sana. Dua di antaranya dari Indonesia, yaitu Yogyakarta dan Jawa Barat. Mereka pun berharap di waktu mendatang kesenian Betawi bisa tampil di sana," ujarnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur DKI Resmikan Groundbreaking Pembangunan RDF Rorotan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1508 personFolmer
  2. O2SN Kecamatan Makasar Diikuti 165 Murid SD

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1461 personNurito
  3. 388 Jamaah Haji Jakarta Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1429 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pengerukan Saluran Air di Jalan Adhyaksa VI dan VII Tuntas

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1419 personTiyo Surya Sakti
  5. Upaya Pemprov DKI Berdayakan Produk Lokal Diapresiasi Kemenperin RI

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1402 personAldi Geri Lumban Tobing