You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Genangan update 05112022 pkl 16.00
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Update Info Terkini Genangan di Jaksel

Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang melanda sebagian wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (05/11), menyebabkan beberapa titik jalan dan RT di wilayah DKI Jakarta, tergenang.

Dalam keadaan darurat, segera hubungi telepon 112

Genangan di Jakarta Surut Sejak Pukul 09.00

Hingga jelang sore, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat genangan terjadi di enam ruas jalan dan 68 RT se-Jakarta Selatan. 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, sebelum ini pihaknya mencatat genangan terjadi di 10 ruas jalan. Perkembangannya, setelah dilakukan penanganan dan hujan reda, sebanyak empat jalan telah surut. 

"Genangan meningkat di wilayah RT, sebelumnya hanya dua menjadi 68 RT. Pemicunya curah hujan tinggi dan luapan kali," ujarnya, Sabtu (5/11). 

Dijelaskan Isnawa, wilayah RT yang tergenang masing-masing, tiga RT di Kelurahan Cipete Utara dengan ketinggian 50-70 sentimeter, 38 RT di Kelurahan Petogogan sekitar 75 sentimeter dan sebanyak dua RT di Kelurahan Cilandak Timur dengan ketinggian 110 sentimeter. Genangan disebabkan curah hujan tinggi dan luapan air Kali Krukut. 

Kemudian, genangan dua RT di Kelurahan Bintaro dengan ketinggian sekitar 40-50 sentimeter dan satu RT di Kelurahan Cipulir dengan ketinggian 100 sentimeter disebabkan hujan deras serta luapan Kali Pesanggrahan.

Sedangkan 11 RT di Kelurahan Pesanggrahan tergenang dengan ketinggian air hingga 50 sentimeter disebabkan curah hujan tinggi serta luapan Kali Pesanggrahan dan Kali Uangan. 

Selanjutnya, satu RT di Kelurahan Kebayoran Lama Utara tergenang dengan ketinggian hingga 40 sentimeter dan tiga RT di Kelurahan Gandaria Selatan dengan ketinggian hingga 75 sentimeter disebabkan curah hujan tinggi serta luapan Kali Grogol. Sementara genangan antara 50-60 sentimeter masih terjadi di tujuh RT se-Kelurahan Tegal Parang diakibatkan curah hujan tinggi dan luapan Kali Mampang. 

"BPBD telah mengerahkan personel memonitor kondisi di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama para lurah dan camat setempat," jelasnya. 

Lalu, sebanyak enam ruas jalan yang masih tergenang dengan ketinggian antara 20-50 sentimeter yakni, Jl Ciledug Raya, Jl Dharmawangsa Raya, Jl Ciledug Raya, Jl Kesehatan Raya Pesanggrahan, Jl Kesehatan VI Pesanggrahan dan Jl Kemang Raya Kecamatan Mampang Prapatan. 

Untuk empat ruas jalan tergenang yang telah surut yakni, Jl Raya Fatmawati Kelurahan Cipete Selatan, Jl RS Fatmawati Raya Kelurahan Cipete Utara, Jl Haji Nawi, Kelurahan Gandaria Selatan dan Jl Kirai Kecamatan Kebayoran Baru. 

"Kami mengimbau masyarakat tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi telepon 112, layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop," tandasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1108 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye875 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye786 personBudhi Firmansyah Surapati