You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 160 Melon Dipanen di Kampung Pemulung Klender
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Urban Farming Kampung Sumur Klender Panen 160 Melon Golden

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI, Suharini Eliawati didampingi Kasudin KPKP Jakarta Timur, Ali Nurdin, Rabu (16/11), memimpin panen 160 buah Melon Golden yang ditanam dengan sistem hidroponik pada lahan urban farming RT 07/10 Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ini harus didukung agar berkembang lebih baik lagi.

Menurut Eli, penanaman buah Melon dengan sistem hidroponik di perkampungan padat penduduk ini merupakan sesuatu yang istimewa. Kenapa?Karena ini membuktikan bahwa masyarakat Jakarta sudah peduli lingkungan, dan lahan sempit bukan halangan untuk mereka bercocok tanam.

"Ini harus didukung agar berkembang lebih baik lagi. Kita selalu memberikan pembinaan agar mereka lebih inovatif dan hasilnya lebih maksimal," kata Eli.

TP PKK Kembangan Panen Sayuran dan Melon

Eli mengungkapkan, pihaknya telah bersinergi dengan salah satu perusahaan asuransi untuk membangun green house yang digunakan untuk menanam buah Melon dengan sistem hidroponik pada lahan urban farming ini.  

"Selain untuk ketahanan pangan, urban farming ini juga jadi sarana edukasi masyarakat," ucapnya.

Ketua Yayasan Swara Peduli yang mengelola lahan urban farming ini, Endang Sutisna menjelaskan,penanaman buah Melon di green house seluas 50 meter persegi ini dilakukan sejak Oktober 2021 . Sejak awal bercocok tanam hingga sekarang, mereka sudah lima kali panen Melon.

"Hari ini ada 160 buah Melon yang berhasil dipanen, dengan masing-masing berat per buahnya antara 1 hingga 1,5 kilogram," katanya, seraya menambahka,n, hasil panen ini langsung dijual ke konsumen.

Dari 500 meter persegi lahan urban farming ini, jelas Endang, lahan yang sudah dimanfaatkan untuk bercocok tanam Melon dengan model hidroponik seluas 50 meter persegi. Kemudian di sebelahnya juga sudah dibangun green house seluas 132 meter persegi yang juga akan digunakan untuk menanam buah Melon dengan hidroponik. Selebihnya akan digunakan untuk menanam aneka jenis sayur mayur.

Disebutkan, di wilayah RT 07/10 Klender yang dikenal dengan Kampung Sumur ini terdapat 500 KK yang  90 persennya profesinya adalah pemulung. Kemudian 20 pemulung di antaranya menjadi anggota komunitas yang dipimpinnya. Mereka juga aktif bercocok tanam.

"Kita ingin menciptakan konsep membangun Kampung Sumur menjadi Kampung Hijau. Ini sekaligus untuk merubah image dari kampung kumuh, Kampung Pemulung menjadi kampung yang hijau dan positif," ungkap Endang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3747 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3326 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2778 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2723 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2651 personFolmer