You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pj Gubernur Tinjau Waduk Ria Rio
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Pj Gubernur Tinjau Waduk Ria Rio

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Kamis (17/11) pagi,  meninjau Rumah Pompa Pulomas di Waduk Ria Rio, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Waduk ini sangat membantu dalam penanganan banjir di daerah hilir

Mengenakan kemeja lengan panjang warna hijau, Heru, memantau pekerjaan pengerukan waduk dan pembangunan rumah pompa di lokasi ini.

Heru didampingi sejumlah pejabat, di antaranya Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Yusmada Faizal, Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, Kasudin SDA Jakarta Timur, Wawan Kurniawan, Lurah Kayu Putih, Tuti Sugihastuti dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Tiga Pohon Tumbang di Jaktim Berhasil Dievakuasi

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar menjelaskan, pembangunan Waduk Ria Rio serta rumah pompa ini sangat membantu dalam penanggulangan banjir di wilayah sekitar.

"Keberadaan waduk ini sangat membantu dalam penanganan banjir di daerah hilir. Apalagi di sini sudah ada rumah pompa tentu ini sangat membantu," ungkap Anwar.

Dia menambahkan,  Pemkot Jakarta Timur juga gencar melakukan pengerukan waduk. Seperti Waduk Cimanggis, Pondok Ranggon, Wira Jasa, Munjul,  Long Storage Agro Wisata Cilangkap dan lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan pak Pj Gubernur ke Waduk Ria Rio. Di sini hilirnya yang menjadi pertemuan aliran air dari hulu. Lokasinya berseberangan dengan Jakarta Utara," papar Anwar.

Kepala Dinas SDA DKI, Yusmada Faizal menambahkan, rumah pompa di waduk ini akan dilengkapi dengan tiga unit mesin pompa air berkapasitas total 5,5 meter kubik per detik.

Menurutnya, Rumah Pompa  Pulomas di Waduk Ria Rio ini untuk mengatasi genangan di Jl Ahmad Yani, Jl Pemuda, Kampung Ambon dan  Jl Perintis Kemerdekaan dengan luasan area yang tertangani sekitar 640 hektar.

"Rumah pompa ini masih dalam tahap pembangunan. Mudah-mudahan pada Januari mendatang sudah bisa dioperasikan. Saat ini progres pembangunan sudah 80 persen," kata Yusmada.

Sementara, Lurah Kayu Putih, Tuti Sugihastuti mengungkapkan, kehadiran Waduk Ria Rio ini sangat membantu dalam mengatasi genangan di wilayahnya. Jika sebelumnya ada empat titik genangan maka kini tinggal satu titik genangan. Yakni di RW 15 Kayu Putih. Diharapkan dengan adanya rumah pompa ini nantinya wilayah RW 15 itu tidak tergenang.

"Alhamdulillah dengan adanya waduk dan rumah pompa ini di wilayah Kayu Putih bisa bebas dari banjir," tukas  Tuti.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8235 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3311 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3098 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3038 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3024 personAldi Geri Lumban Tobing