Kecamatan Pademangan Sosialisasikan SOP Layanan Puskesmas
Kecamatan Pademangan menggelar sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan masyarakat di puskesmas.
Kegiatan ini diselenggarakan Biro ORB DKI Jakarta
Sosialisasi yang digelar di kantor kecamatan setempat diikuti 30 peserta, terdiri dari para tokoh masyarakat.
Camat Pademangan, Didit Mulyadi menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang pola layanan puskesmas dan SOP layanan ke masyarakat.
RSUD Jati Padang Edukasi Warga Pentingnya ASI Eksklusif"Kegiatan ini diselenggarakan Biro ORB DKI Jakarta dan diikuti berbagai elemen lintas sektor serta petugas Puskesmas Kecamatan Pademangan," katanya, Senin (21/11).
Didit menerangkan, sosialisasi ini menekankan agar puskesmas dapat menjalankan tugas pelayanan masyarakat sesuai dengan SOP. Sehingga, layanan bisa terlaksana maksimal tanpa menimbulkan kesalahpahaman antara petugas di puskemas dan masyarakat.
Melalui sosialisasi ini, petugas puskesmas diharap
kan dapat melakukan optimalisasi layanan kesehatan bagi masyarakat. Selain itu masyarakat dapat mengetahui alur-alur pelayanan yang diberikan untuk mereka.Bila ada situasi darurat, seperti serangan penyakit akut atau kecelakaan lalu lintas, petugas berhak menentukan dengan pertimbangan medis apakah pasien langsung menuju ruang gawat darurat atau ruang tindakan yang terdapat di puskesmas.
"Bila keadaannya normal dan wajar saja, maka pengunjung puskesmas harus mengikuti prosedur alur pelayanan standar rawat jalan," tandasnya.