You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Steril Akbar Kucing Jalanan Digelar di GOR Cempaka Putih
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Steril Akbar Kucing Jalanan Digelar di GOR Cempaka Putih

Program sterilisasi akbar kucing jalanan digelar di GOR Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12). Kegiatan ini hasil kerja sama Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (KPKP) DKI dengan komunitas pecinta hewan Radian Pet Care dan Animal Defenders.

Kuota sterilisasi ini sebanyak 250 kucing jantan dan 50 betina

Dalam kegiatan ini, warga yang membawa kucing untuk sterilisasi wajib membawa 100 botol plastik bekas untuk dijadikan bank sampah. Kegiatan ini juga diwarnai dengan layanan vaksinasi drive thru untuk anjing, kucing dan musang.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, ide kegiatan steril akbar kucing jalanan ini  otentik. Sebab jika biasanya sterilisasi seperti ini digelar secara gratis maka sekarang pihaknya menggandeng Dinas Lingkungan Hidup, untuk mengajak masyarakat mengumpulkan sampah bekas limbah plastik. Setiap warga yang membawa hewan peliharaan untuk sterilisasi, diwajibkan menukarkan 100 botol plastik bekas untuk kucing jantan dan 150 botol kucing betina.

Jajaran Dinas KPKP DKI Sambangi Stand Binaan di Pos Bloc

"Kuota sterilisasi ini sebanyak 250 kucing jantan dan 50 betina. Kegiatan juga dibarengi dengan layanan vaksinasi drive thru untuk anjing, kucing dan musang. Ke depan kita berharap ide seperti ini  dikembangkan kembali, Karena pemerintah  tidak bisa jalan sendiri, perlu sinergisitas dalam pencegahan rabies," kata Eliawati.

Menurutnya, sterilisasi akbar kucing jalanan  ini baru pertama kali digelar di Jakarta. Karena masyarakat harus "membayarnya" dengan botol plastik bekas. Ini sekaligus untuk mengampanyekan dan mengedukasi  masyarakat agar lebih peduli lingkungannya.

Untuk mendukung kegiatan ini, ada 16 tim kesehatan hewan yang dikerahkan. Yakni dari Dinas KPKP DKI,  komunitas Radian Pet Care dan UPT Pusat Layanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas KPKP DKI.

Kegiatan ini diapresiasi anggota DPRD DKI, Panji Virgianto. Menurutnya, selain untuk menekan populasi kucing kegiatan ini juga mengedukasi warga untuk lebih cinta lingkungan.

"Kita tidak menginginkan menjadi hama tapi bersahabat antara manusia dengan hewan salah satunya dengan konsep seperti ini. Ada kerja sama dengan CSR," kata Panji.

Sementara, Sri Agustin (56),  warga RT 08/01 Palmeriam, Matraman,  Jakarta Timur, mengaku sengaja datang untuk membawa seekor kucing berikut 100 botol bekas ke lokasi kegiatan.  Karena kucing liar di wilayahnya sangat banyak, khususnya betina. Sehingga setiap saat terus beranak dengan jumlah yang tak terkendali lagi.

"Kalau tidak disteril khawatirnya  akan semakin banyak lagi. Makanya begitu tahu dari IG ada program sterilisasi,. Saya bawa kucing ini agar disterilisasi, karena kucing betina hamil dan beranak terus," kata Sri.

Hal senada ditandaskan Intan Permatasari (23), warga Cempaka Putih Barat. Ia mengaku membawa kucing kesayangannya untuk divaksin rabies. Karena sebelumnya kucingnya sudah disterilisasi.

"Saya ucapkan terimakasih dan pada Dinas KPKP dan stakeholder yang telah menggelar kegiatan ini. Mumpung lokasinya dekat, tinggal jalan kaki, ya kucing saya gendong ke sini untuk vaksin rabies," tutur Intan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5059 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4249 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2896 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2842 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2736 personFolmer