You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Kunjungi Gedung Dinas Dukcapil
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Kunjungi Dinas Dukcapil Bahas Peningkatan Kerja Sama

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chuldun didampingi Kadiv Pemasyarakatan Marselina beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Gedung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi DKI Jakarta di Jalan S Parman, Jakarta Barat, Selasa (10/1).

kami telah sepakat berkolaborasi untuk diperluas

Kunjungan kali ini dalam rangka peningkatan kerja sama layanan publik yang selama ini telah terjalin antara Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dengan Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta seperti layanan integrasi dengan Kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta Barat (layanan integrasi pertama di Indonesia), layanan kependudukan di Lembaga Pemasyarakatan dan berbagai kerja sama layanan lain.

Ibnu mengaku, Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta telah mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Dukcapil DKI Jakarta dengan diberikan kemudahan seperti kemudahan untuk pelayanan Warga Negara Asing (WNA) terintegrasi yang saat ini baru dilakukan di Kanim Jakarta Barat.

Catatan Apik Kinerja Dinas Dukcapil Selama 2022

“Namun kami telah sepakat berkolaborasi untuk diperluas hingga ke seluruh pelayanan keimigrasian di DKI Jakarta,” ujar Ibnu, Selasa (10/1).

Ibnu menjelaskan, memasuki tahun politik, warga di lembaga pemasyarakatan mempunyai pilih. Berdasarkan data, masih banyak warga binaan yang belum tercatat secara administrasi kependudukan sehingga tidak memiliki NIK saat ini. Ibnu menyampaikan, 4.929 dari 16.873 warga binaan masih belum memiliki NIK/KTP-el.

Adapun UPT lapas seperti, Lapas Kelas 1 Cipinang, Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Lapas Kelas IIA Salemba Jakarta, Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta, LPKA Kelas IIA Jakarta, Rutan Kelas I Jakarta Pusat, Rutan Kelas I Cipinang, Rutan Kelas I Jakarta Timur.

“Kami akan terus bekerjasama dan meningkatkan kolaborasi bersama Dinas Dukcapil dan berharap bisa segera melakukan MoU bersama Bapak Pj. Gubernur Heru Budi Hartono untuk seluruh penambahan layanan yang akan dikerjasamakan,” urai Ibnu.

Dalam kesempatan itu, Ibnu mengapresiasi ruang pelayanan Dinas Dukcapil DKI Jakarta yang saat ini sangat jauh berbeda dari sebelumnya.

“Sekarang terlihat lebih tertib, nyaman, teratur dengan 35 jenis layanan walaupun ramai oleh pengunjung, saya bangga dan kagum atas perubahan ini,” ungkap Ibnu.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaluddin menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan kerja dan jalinan kerja sama antara kedua instansi. Budi juga mengutarakan bahwa memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat menjadi tanggung jawab jajarannya.

“Hasil kesepakatan akan segera ditindaklanjuti oleh jajaran kami serta tidak perlu menunggu lama untuk diimplementasikan,” tandas Budi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3942 personNurito
  2. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3754 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2560 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2465 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2427 personFolmer