You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 SDA Jaksel Normalisasi Sumur Resapan di Jalan Tuty Alawiyah
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Sumur Resapan di Pedestrian Jl Tuty Alawiyah Dinormalisasi

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan menormalisasi sumur resapan di jalur pedestrian Jalan Tuty Alawiyah, tepatnya di samping SDN Pejaten Barat 01 Pagi, Kelurahan Pejaten Barat, Pasar Minggu.

Responsnya sangat cepat

Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Pasar Minggu, Erna Yuni menuturkan, sumur resapan yang dinormalisasi memiliki ukuran tinggi tiga meter, lebar satu meter dan panjang dua meter. Normalisasi dilakukan karena sumur resapan ternyata dipadati tumpukan puing dan batu berukuran besar dan dikhawatirkan tidak optimal menampung air hujan.

“Keberadaan sumur resapan ini sudah lama dan fungsinya untuk membantu menampung air hujan yang mengalir melalui tali air ke saluran,” ujar Erna, Jumat (13/1).

15 Pasukan Oranye Pegadungan Normalisasi Dua Saluran

Karenanya, sambung Erna, agar sumur resapan itu berfungsi optimal, sejak seminggu lalu, pihaknya mengerahkan empat personel SDA untuk melakukan penggalian dan mengeruk puing dan batu dari dalam sumur resapan.

Dikatakan Erna, setelah dilakukan pengerukan, sekeliling sumur akan dipasangi batu bata. Sedangkan dasarnya tetap dibiarkan dengan tanah di mana di bagian tengahnya akan dibor untuk dipasangi pipa ukuran enam inci sedalam enam meter dan akan ditutup dengan lembaran coran beton.

“Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 70 persen. Diperkirakan Senin (16/1) pengerjaannya rampung. Dengan dinormalisasi, sumur resapan akan optimal menampung air hujan dan meresap ke dalam tanah sehingga diharapkan juga bisa mencegah genangan di ruas jalan,” jelasnya.

Ramadhan (31), warga RT 02/07, Kelurahan Pejaten Barat menambahkan, dirinya mengapresiasi Sudin SDA Jakarta Selatan yang mengetahui jika sumur resapan di pedestrian Jalan Tuty Alawiyah, ternyata sudah tertutup rapat oleh puing dan bebatuan.

“Responsnya sangat cepat. Setelah mengetahui tertutup batu dan puing, langsung dinormalisasi. Semoga saat hujan deras ruas jalan di kawasan ini bebas dari genangan,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye6373 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3471 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3384 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3328 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3231 personNurito