You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Upaya Penghijauan dengan Pohon Produktif Diapresiasi Warga
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Upaya Penghijauan dengan Pohon Produktif Diapresiasi Warga

Warga Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur menyambut baik program penghijauan melalui penanaman tanaman produktif di setiap RPTRA maupun lahan hijau sesuai arahan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Program ini sangat bagus

Apresiasi tersebut salah satunya datang dari warga RW 01 Kelurahan Duren Sawit, Nining. Dirinya menilai, dengan dilakukannya penanaman tanaman produktif, hasilnya dapat dimanfaatkan oleh warga untuk mendukung ketahanan pangan keluarga.

“Alhamdulillah bagus programnya, karena kalau yang kita tanam itu tanaman produktif sangat berguna. Apalagi kalau setiap keluarga tanam, itu berguna untuk keluarga sendiri, kalau tanamnya banyak bisa dipanen kemudian bisa dijual juga,” ujar Nining, Selasa (24/1).

Ribuan Bibit Pohon Produktif dan Toga Sudah Didistribusikan di Jakbar

Nining menyampaikan, penghijauan dengan penanaman tanaman produktif tidak melulu dilakukan di RPTRA tapi bisa di lahan kosong/tidur, termasuk di kolong flyover. Saat ini, sambungnya, terdapat dua taman buah di Kelurahan Duren Sawit yakni di dekat kantor lurah dan bawah Jalan Tol Becakayu.

“Di sana kita tanam cabai, terung dan lain-lain dengan konsep pertanian perkotaan untuk mendukung penataan kawasan hijau dan ketahanan pangan kota,” kata Nining.

Hal senada juga disampaikan oleh warga RW 15 Kelurahan Duren Sawit, Ahmad Lutfi. Menurutnya, program penanaman pohon produktif dapat mendorong masyarakat untuk terus aktif berkegiatan dan tanaman yang ditanam pun bisa dipanen dan dinikmati hasilnya.

Dia menambahkan, upaya penghijauan kawasan melalui penanaman tanaman produktif juga dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga untuk kebutuhan sayuran dan buah.

“Program ini sangat bagus untuk ketahanan pangan di masyarakat. Bisa dipanen bersama dan menghemat biaya beli sayuran untuk kebutuhan makanan di rumah,” tandas Lutfi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12007 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4742 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3828 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3542 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3505 personTiyo Surya Sakti