You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Sukseskan Program STBM, Lurah Pulogadung Raih Penghargaan
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sukses Jalankan Program STBM, Lurah Pulogadung Raih Penghargaan

Dinilai sukses menjalankan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), Lurah Pulogadung, Abdul Haris, mendapatkan piagam penghargaan dari Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, Selasa (24/1).  

Pembangunan tangki septick dilakukan sejak Oktober 2022 hingga Januari  2023.

Selain Abdul Haris, penghargaan juga diberikan pada 17 pengurus  RT, RW dan pihak swasta yang peduli dan mendukung program STBM di Kelurahan Pulogadung. Pemberian penghargaan ini dikemas dalam program deklarasi STBM di RPTRA Kayu Mas ini.

Dalam sambutannya Anwar mengatakan, program STBM ini sangat penting untuk mengajak masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan. 

Dinas PPKUKM Musnahkan Susu Kedaluwarsa yang Dijual di Marketplace Ternama

Menurutnya,  penghargaan ini layak diberikan, karena lurah telah berhasil mengedukasi dan memfasilitasi warganya untuk tidak buang air besar sembarangan .

"Selama ini buang air besar masih jadi kendala. Karena masih ada warga yang belum memiliki tangki septic, sehingga membuang air besar sembarangan ke kali," tuturnya.

Anwar menegaskan, pihaknya akan terus mengedukasi warga agar tidak ada lagi membuang air besar sembarangan.

Dia mengungkapkan, saat ini masih ada 54 kelurahan yang warganya membuang air besar sembarangan. Jika dibiarkan ini akan menjadi sumber penyakit dan bisa menimbulkan kasus stunting.

"Kelurahan Pulogadung ini merupakan kelurahan ke-11 yang mendeklarasikan STBM. Ini kaitannya dengan pencegahan kasus stunting dan perbaikan gizi di masyarakat ," ungkap Anwar.

Dalam program STBM ini, lanjut Anwar, ada lima hal yang perlu diperhatikan. Yakni pastikan air isi ulang bersih, tidak terkontaminasi bakteri e colli. Kemudian tidak membuang air besar sembarangan, ada pengelolaan limbah dengan baik. Selain itu, adanya pengolahan sampah dan membiasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.

Lurah Pulogadung, Abdul Haris menegaskan, piagam penghargaan yang diterimanya ini menjadi motivasi bagi dirinya dan jajarannya serta masyarakat secara umum, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Dia menjelaskan, di wilayahnya ada 328 KK yang mendapatkan bantuan pembuatan tangki septic. Mereka tersebar di wilayah RW 01, 02, 03, 04, 05, 09 dan RW 10. Sumber dana bantuan pembangunan tangki septick ini hasil kerjasama pihaknya dengan CSR dan tokoh masyarakat setempat.

"Pembangunan tangki septick ini dilakukan sejak Oktober 2022 hingga Januari  2023. Pekerjaan dilakukan 20 anggota PPSU," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. HUT ke-63, Bank DKI Berkomitmen Tumbuh Bersama Kota Jakarta

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5791 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. TMII Hadirkan Festival Pulang Kampung di Libur Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5065 personNurito
  3. Sejumlah Wilayah di Jakarta Diguyur Hujan

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5004 personAnita Karyati
  4. Monas Dikunjungi 78 Ribu Wisatawan pada Hari Kedua Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye4907 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. 12.056 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu

    access_time12-04-2024 remove_red_eye4876 personAnita Karyati