You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Transjakarta Rem Blong, Ahok Perintahkan Ganti Bus
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Ahok Perintahkan Ganti Bus Transjakarta Lama

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyayangkan peristiwa kecelakaan bus Transjakarta yang mengalami rem blong, di Kuningan, Jakarta Selatan. Untuk itu, orang nomor satu di ibu kota ini memerintahkan PT Transjakarta agar mengganti semua bus yang kondisinya tak laik jalan.

Makanya saya bilang, semua bus Transjakarta itu tidak bisa lagi dipakai, ganti yang baru, yang kualitasnya baik

Dikatakan Ahok, ke depan, perawatan semua bus Transjakarta harus dilakukan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Saat ini perawatan bus dilakukan oleh operator masing-masing. "Makanya saya bilang, semua bus Transjakarta itu tidak bisa lagi dipakai, ganti yang baru, yang kualitasnya baik, yang servisnya dijamin ATPM. Kita nggak mau lagi operator yang servis," ujar Basuki, di Balaikota DKI Jakarta, Senin (22/6).

Dikatakan Basuki, dalam rupiah per kilometer yang dibayarkan PT Transjakarta ke operator sudah mencakup pemeliharaan. Sistem tersebut akan diubah, sehingga uang pemeliharaan akan langsung dibayarkan ke ATPM. Karena selama ini pemeliharaan yang dilakukan kurang maksimal.

Sopir Bus Transjakarta Penabrak Motor Jadi Tersangka

"Jadi uang komponen servis operator itu mau kita pegang dan dibayarkan ke ATPM. Jadi kita enggak mau kasih ke pengusahanya. nanti dia enggak mau ganti," ucapnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menambahkan, sistem tersebut akan dicantumkan dalam kontrak baru. Tak hanya itu, aturan dalam kontrak pun akan diperketat. "Dalam kontrak perjanjian yang baru sekarang lebih ketat. Jadi si mobil harus masuk APTM. Dan komponen bayar servis itupun kami yang akan bayarkan, jadi APTM percaya," ujarnya.

Seperti diketahui, kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta bernopol B 7500 IX terjadi di depan SPBU 34-12702 Jalan Mampang Prapatan arah Jalan Buncit Raya. Bus tersebut menabrak delapan unit sepeda motor dan dua unit mobil. Sebanyak tujuh orang dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami luka-luka.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1169 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito