You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Pelebaran Jl Kalimalang Dikebut
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Pelebaran Jalur Mudik di Kalimalang Dikebut

Untuk mengantisipasi kemacetan pada arus mudik Lebaran nanti, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan pemerintah pusat terus mengebut pengerjaan pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang di Jakarta Timur.

Khusus untuk program pelebaran Jl Inspeksi Kalimalang, kami sedang melakukan tahapan sosialisasi di wilayah Cipinang Muara dan Cipinang Besar Selatan

Pantauan beritajakarta.com Selasa (23/6), ratusan pekerja tampak sibuk melakukan pekerjaan pelebaran jalan. Mulai dari pengurukan tanah, pengecoran jalan, hingga pemindahan jaringan utilitas. Sejumlah alat berat juga dikerahkan untuk mendukung proyek tersebut.

Saat ini, pelebaran jalan sepanjang 4 kilometer dari perempatan Pangkalan Jati hingga pertigaan Pasar Sumber Artha, perbatasan Jakarta Timur dan Bekasi sudah rampung dikerjakan. Jalan yang semula hanya memiliki lebar 8 meter, kini sudah dilebarkan menjadi 16 meter.

Warga Minta Jalan Tembus di Kali Sodong Dibuka

Kemudian mulai dari pertigaan Jl Radin Inten hingga swalayan Transmart, pekerja sibuk menguruk tanah lantaran konturnya cekung. Di titik ini juga masih banyak terdapat tiang listrik di tengah jalan dan sejumlah bangunan masih berdiri. Sedangkan ruas jalan mulai dari Swalayan Transmart hingga Sumber Artha, sudah dilebarkan dan sebagiannya dimanfaatkan pengendara untuk melintas.

Kepala Seksi Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Pemerintah Kota Jakarta Timur Rudi Syahrul mengatakan, proyek pelebaran Jl Inspeksi Kalimalang, satu paket dengan pembangunan Jalan Layang Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu).

Dikatakan, untuk pembuatan Jalan Layang Tol Becakayu dan Pelebaran Jl Inspeksi Kalimalang, DKI akan membebaskan lahan seluas 337.400 meter persegi. Dari jumlah itu, 237.494 meter persegi sudah dibebaskan. Meliputi wilayah Pondok Kelapa, Cipinang Melayu, Duren Sawit, Pondok Bambu. Kemudian 99.906 meter persegi lainnya belum dibebaskan dan tersebar di Kelurahan Cipinang Muara, Cipinang Besar Selatan, Cipinang Cempedak, Cipinang Besar Utara, dan Halim Perdanakusuma.

"Khusus untuk program pelebaran Jl Inspeksi Kalimalang, kami sedang melakukan tahapan sosialisasi di wilayah Cipinang Muara dan Cipinang Besar Selatan. Pembebasan lahan untuk dua proyek ini akan terus dikebut agar cepat tuntas," ujar Rudy Syahrul.

Jika dibanding dengan arus mudik tahun lalu, kini jalur Kalimalang lebih lebar. Jalan beton yang baru dibangun itu akan digunakan untuk arus mudik  sehingga kemacetan lalu lintas di jalur tersebut dapat sedikit teratasi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1037 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye828 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati