You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Retribusi Parkir Ditarget Capat Rp 1,2 Triliun
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Retribusi Parkir Ditarget Capai Rp 1,2 Triliun

Unit Pengelola Tekhnis (UPT) Perpakiran, Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI menargetkan pendapatan retribusi dari parkir tepi jalan (on the street) pada tahun ini sebesar Rp 1,2 triliun.

Kami optimis bisa capai target pada tahun ini

Pada tahun lalu, pendapatan retribusi parkir dari 400 parkir on the street di ibu kota tidak tercapai target karena hanya mencapai‎ Rp 7,8 miliar. Hal itu dinilai terjadi karena adanya kebocoran retribusi parkir sekitar Rp 400 miliar.

"Padahal dari hitungan kami, pendapatan parkir on the street dalam satu tahun itu harusnya mencapai Rp 500 miliar," ujar Sunardi Sinaga, Kepala UPT Perparkiran, Rabu (24/6).

Parkir Liar Marak di Jl Matraman Raya

Dikatakan Sunardi, kebocoran parkir tepi jalan cenderung terjadi karena masih terdapat kantung parkir yang menerapkan sistem manual.  Bocornya retribusi parkir on the street ini dilihat berdasarkan 800 ribu jumlah slot parkir dengan intensitas keluar masuk kendaraan di Jakarta yang mencapai 10 juta unit.

Pada tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI pertama kali menerapkan parkir elektronik di Jalan H Agus Salim atau Jalan Sabang, Menteng Jakarta Pusat. Perubahan sistem pengelolaan parkir dari manual ke elektronik di kawasan itu berdampak signifikan terhadap pendapatan retribusi parkir.

‎"Saat masih manual, pendapatan retribusi parkir on the street di Jalan Sabang hanya Rp 500 ribu sehari. Sekarang, setelah memakai mesin parkir, retribusi parkir di kawasan itu mencapai Rp 13 juta perhari," ungkap Sunardi.

Ia mengutarakan sistem parkir elektronik saat ini juga telah diterapkan di ruas Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading Jakarta Utara. Sebelum diterapkan parkir elektronik, pendapatan retribusi parkir di kawasan elit itu hanya Rp 4,7 juta perhari. Namun, kini meningkat sekitar Rp 100 juta perhari.

"Di jalan itu ada 90 mesin parkir elektronik yang kita siapkan," tuturnya.

Sunardi menargetkan, hingga 2018 mendatang, dapat menerapkan sistem parkir elektronik di 400 lokasi parkir on the street di seluruh Jakarta yang diikuti dengan pemasangan sebanyak 1.000 mesin parkir.

Ditambahkan Sunardi, target pendapatan retribusi dari sektor parkir yang ditetapkan Pemprov DKI pada tahun ini sebesar Rp 1,2 triliun.‎ Target tersebut diyakini dapat tercapai jika melihat perubahan sistem pengelolaan parkir yang telah berjalan dari manual ke elektronik.

"Kami optimis bisa capai target pada tahun ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye846 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati