You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Dukcapil Gelar Layanan Adminduk di Rutan Cipinang
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas Dukcapil DKI Gelar Layanan Adminduk di Rutan Kelas I Cipinang

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta mengadakan Pendataan dan Pemutakhiran Data Warga Binaan Permasyarakatan serta Perekaman Biometrik dan dokumen lainnya di Rumah Tahanan Negara Kelas I Cipinang, Jakarta Timur.

Pelayanan ini hanya untuk mengetahui NIK

Pelayanan jemput bola ini dilaksanakan mulai 6-10 Februari 2023 dengan menyasar sekitar 1.221 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaluddin mengatakan, pelayanan ini merupakan bentuk komitmen bersama dan tindak lanjut dari penandatangan kerja sama antara Dinas Dukcapil DKI Jakarta dengan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang dilakukan pada 28 Januari 2023.

37 Ribu Siswa SMA di Jakbar Ditarget Lakukan Perekaman KTP-el

Budi menjelaskan, melalui pelayanan ini diharapkan setiap WBP memperoleh hak untuk dapat menggunakan suaranya dalam pemilihan umum yang akan datang.

“Pelayan dokumen kependudukan ini dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024. Sehingga pada tanggal 21 Februari 2023 seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan di DKI Jakarta sudah semuanya mempunyai NIK atau tidak ada WBP yang tidak mengetahui NIK-nya,” ujar Budi, Rabu (8/2).

Budi menyampaikan, pelayanan dokumen kependudukan di Rutan Cipinang dilakukan dengan verifikasi biometrik karena mayoritas WBP lupa dengan NIK mereka. Budi mengatakan, WBP yang lupa NIK mereka dilakukan pemindaian iris mata dan sidik jari (fingerprint) sehingga dalam hitungan detik sudah dapat diketahui NIK mereka. Pelayanan ini sekaligus untuk memudahkan petugas registrasi dalam melengkapi identitas warga binaan.

“Sudah muncul nama dan NIK mereka baru kita infokan NIK mereka untuk dicatatkan di bagian rutan dan untuk mereka ketahui. Pelayanan ini hanya untuk mengetahui NIK mereka, jadi hanya perekaman dan tidak perlu pencetakan KTP. Dan bagi yang belum ada kita buatkan NIK-nya,” kata Budi.

Ditambahkan Budi, Dinas Dukcapil DKI Jakarta dan Kanwil Kemenkumham memiliki komitmen yang sama untuk pemenuhan hak kepemilikan dokumen Administrasi Kependudukan bagi seluruh masyarakat, tidak terkecuali WBP. Di samping itu, WBP punya hak yang sama untuk mengikuti pemilu.

Sebelumnya, Dinas Dukcapil DKI Jakarta melaksanakan pelayanan yang sama di Rutan Negara Kelas I Salemba Jakarta Pusat pada 26 Januari sampai 3 Februari 2023. Untuk memastikan 21 Februari 2023 seluruh WBP di Provinsi DKI Jakarta memperoleh NIK, maka Dinas Dukcapil DKI Jakarta akan melakukan layanan jemput bola di seluruh rutan dan lapas di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Timur, Noufan menambahkan, dalam layanan adminduk di Rutan Kelas I Cipinang pada 6 Februari 2023 sebanyak 283 WBP telah dilakukan perekaman NIK. Rinciannya, untuk perekaman NIK DKI sebanyak 179 WBP, non-DKI 69 orang dan perekaman NIK barus sebanyak 15 WBP.

"Total target perekaman NIK di Rutan Kelas I Cipinang ini sebanyak 1.221 WBP. Kita optimistis bisa rampung sesuai jadwal layanan jemput bola di sini pada 10 Februari mendatang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12384 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye5133 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4267 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3934 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3922 personTiyo Surya Sakti