You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Serangkaian Kegiatan Peringatan HPSN 2023 Digelar di HBKB dan Wilayah
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Peringatan HPSN 2023, Warga Diajak Lebih Peduli Penangangan Sampah

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengadakan acara Hari Bersih Indonesia - Hari Peduli Sampah Nasional (HBI-HPSN) Tahun 2023 di Thamrin 10, Menteng, Jakarta Pusat Minggu (19/2).

diharapkan masyarakat lebih peduli

Dalam rangkaian kegiatan HBI-HPSN 2023, kegiatan yang pertama dilakukan adalah Aksi Bersih Relawan. Relawan yang telah mendaftarkan diri melakukan Aksi Bersih berupa pungut sampah dengan berkeliling sepanjang jalan dari Thamrin 10 ke arah Bundaran HI dan putar balik di Terowongan Kendal kemudian menuju perempatan Kebon Sirih dan kembali ke Thamrin 10.

Dalam Aksi Bersih ini, selain melakukan aksi pungut sampah Relawan juga melakukan Parade Edukasi untuk mengedukasi warga sekitar agar melakukan Kurangi, Pilah, dan Olah sampah (KuPiLa) terhadap sampah mereka sendiri.

Peringatan HPSN dan HBI di Jakarta Diramaikan 500 Relawan

Di sela parade, kelompok flash mob menampilkan koreografi yang mengandung nilai dan edukasi terkait KuPiLa. Parade diiringi dengan kelompok musik tanjidor dan ondel-ondel untuk lebih meramaikan kegiatan parade serta peserta parade juga membawa kentongan sebagai simbol ajakan terhadap warga sekitar.

“Parade ini tentunya akan menarik perhatian banyak orang sebab lokasi HBKB selalu ramai menjadi lokasi olah raga maupun acara dan kegiatan lainnya,” ujar Asep Kuswanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Kegiatan di lokasi Utama diakhiri dengan talkshow yang menyajikan materi Jaga Bumi dengan Inovasi. Asep menjelaskan, materi ini sejalan dengan tema HPSN 2023 dari KLHK yaitu ‘Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat’

Talkshow semakin meriah dengan penampilan penyanyi Nugie,” ucap Asep.

Asep menyampaikan, Aksi Bersih juga dilakukan oleh Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) RW di wilayah masing-masing. Dalam kegiatan ini, ratusan RW bersama ribuan relawan mengambil bagian dalam aksi bersih ini.

BPS RW juga akan mendampingi warga untuk melakukan penanaman tanaman di wilayah masing-masing. Bibit tanaman yang ditanam disediakan dari berbagai donor dan berupa bibit buah maupun tanaman obat keluarga. Aksi bersih dan penanaman tanaman juga disertai talkshow bertema ‘Jaga Bumi dengan Inovasi’.

“Tujuan dari penanaman ini sebagai bentuk penghijauan. Dengan aksi gotong-royong membersihkan lingkungan RW masing-masing, diharapkan dapat menyemangati masyarakat yang lain untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungannya,” kata Asep.

Asep menambahkan, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) adalah bentuk pengingat akan peristiwa longsor gunungan sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005.

Sedangkan Hari Bersih Indonesia (HBI) adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari serentak di Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah limbah plastik dan sampah, serta mendidik warga supaya lebih peduli terhadap lingkungan.

“Dengan diperingatinya HPSN, diharapkan masyarakat lebih peduli akan penanganan dan pengelolaan sampah di lingkungan masing-masing,” tandas Asep.

Untuk diketahui, peringatan HPSN Jakarta tahun ini mengusung tema Minimalkan Sampah, Maksimalkan Daur Ulang. Sementara, tema besar Hari Peduli Sampah Nasional yaitu Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye4170 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4020 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2638 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2580 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2506 personFolmer