You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jaksel Gencarkan Pengelolaan Sampah
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Peringati HPSN 2022, Pemkot Jaksel Tingkatkan Kolaborasi Pengelolaan Sampah

Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan yang kian gencar melakukan pengelolaan sampah baik sampah organik maupun anorganik.

siap untuk lebih bersemangat dalam kolaborasi aktif

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin menuturkan, upaya tersebut salah satunya dikemas dalam berbagai kegiatan.

"Pengelolaan sampah yang rutin digelar di antaranya pemilahan terjadwal di lingkup Rukun Warga (RW), bank sampah, sedekah minyak jelantah, pengembangan black solder fly atau maggot, pembuatan ecoenzyme serta reuse dan recycle," ujar Munjirin saat paparan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022 secara daring yang dibuka Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Senin (21/2).

Peringati HPSN 2022, Gubernur Anies Berharap RDF Plant Menjadi Solusi Pengelolaan Sampah Terpadu

Ia mengungkapkan, Pemkot Jakarta Selatan juga berkolaborasi dengan tim Kaktus Indonesia dengan membuat aplikasi dalam pengelolaan sampah.

"Aplikasi berguna melacak sampah yang akan diolah melalui Tim Kaktus Indonesia dibawah binaan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)," ungkapnya.

Dikatakan Munjirin, pihaknya juga melakukan pengembangan dashboard pemantauan untuk mengetahui keberhasilan pengelolaan sampah yang  terukur, terarah dan dilakukan perbaikan berkelanjutan. Sebagai bentuk implementasi tagline Kolaborasi Jakarta Sadar Sampah, Pemerintah Kota Jakarta Selatan juga menggandeng dan berkolaborasi aktif dengan berbagai pihak dalam pengelolaan sampah.

"Kolaborasi aktif dimulai dari wilayah yakni camat, lurah, RW dan RT, program  DUITIN atau  gerakan pemilahan sampah, Yayasan Rumah Sosial Kutub, Ecoenzyme Nusantara, badan usaha melalui Corporate Social Responsibility, akademisi, komunitas lingkungan, dan tentunya dari masyarakat," paparnya.

Ia menambahkan, upaya pengelolaan sampah yang gencar dilakukan di Jakarta Selatan telah membuahkan hasil di mana sejumlah wilayah meraih penghargaan selama tahun 2021. Penghargaan tersebut di antaranya, proklim utama di RW 09 Lenteng Agung, Jagakarsa dan RW 09 Lebak Bulus. Penghargaan Adiwiyata mandiri oleh SMPN 68 dan dua sekolah SDN 09 Tanjung Barat dan SD Strada meraih penghargaan Adiwiyata Nasional.

"Pada tahun 2022, Pemkot Jakarta Selatan siap untuk lebih bersemangat dalam kolaborasi aktif bersama masyarakat dan berbagai pihak untuk menciptakan Jakarta Selatan lebih bersih, indah, nyaman dan tertib untuk seluruh masyarakat," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2695 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2497 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2369 personTiyo Surya Sakti
  4. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2367 personTP Moan Simanjuntak
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2246 personTP Moan Simanjuntak