You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
80 PHL Jaga Kebersihan Kali Mookervart
.
photo doc - Beritajakarta.id

80 PHL Jaga Kebersihan Kali Mookervart

Normalisasi kali dan saluran penghubung (PHB) yang digencarkan Pemprov DKI Jakarta mulai membuahkan hasil. Sejumlah kali maupun saluran PHB kini menjadi bersih terbebas dari sampah maupun lumpur. Untuk menjaga kondisi tersebut, puluhan pekerja harian lepas (PHL) pun disiagakan.

Untuk menjaga kebersihan sepanjang Kali Mookervart kami mengerahkan sebanyak 80 PHL

Salah satu kali yang kini terlihat bersih yakni Kali Mookervart sepanjang Jl Daan Mogot, Jakarta Barat. Kali sepanjang 13 kilometer dengan  lebar 20 meter yang melintas dari perbatasan Tangerang dan Jakarta Barat, tepatnya dari mulai Kalideres hingga Kali Angke, Kebon Jeruk kini tampak bersih dari sampah.

Suhardi (52) warga RT 02/04, Kelurahan Rawabuaya, Cengkareng mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang serius menciptakan kali tetap bersih seperti Kali Mookevart yang juga melintasi wilayah pemukimannya.

Sampah di Kali Angke Dibersihkan

“Dulu Kali Mookevart sangat tidak terawat. Buktinya kali selalu banyak sampah dan eceng gondok. Tapi, sekarang kali terlihat bersih. Selain itu kali juga semakin dalam karena dikeruk dan tertata dengan rapi karena bantarannya juga sudah diturap,” ujar Suhardi, Kamis (25/6).

Imbasnya, dengan kondisi kali yang bersih dan rapi, selain membuat membuat indah dilihat juga banjir setinggi hampir dua meter yang kerap menggenangi wilayahnya kini berkurang drastis. 

“Selain itu banjir yang mengenangi hunian warga juga cepat surut masuk ke kali.Untuk itu kami sangat mengapresiasi keseriusan Pemprov DKI Jakarta menciptakan kali tetap bersih,” ucap Suhardi.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Barat, Nuryadi menuturkan, pihaknya menempatkan sebanyak 80 PHL untuk menjaga kebersihan Kali Mookervart.

"Untuk menjaga kebersihan sepanjang Kali Mookervart kami mengerahkan sebanyak 80 PHL," kata Nuryadi.

Sedangkan sistem kerja PHL kebersihan agar kali benar-benar bersih, sambungnya, setiap 500 meter ditugaskan sebanyak 7-10 petugas. Untuk menjaga limpahan sampah dari wilayah Tangerang, diperbatasan pihaknya memasang sekat berupa jaring sampah.

“Hasilnya memang kali jadi bersih. Dulu, saat kali masih kotor setiap hari kami mengangkut sampah sebanyak 50-60 meter kubik. Saat ini sehari sampahnya tidak sampai 5 meter kubik,” tandas Nuryadi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2688 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2312 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2201 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1932 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1268 personAnita Karyati