You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Yani Apresiasi Pemkot Jakbar Dapat Piala Adipura
....
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Wali Kota Jakbar Apresiasi Raihan Piala Adipura

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengapresiasi dan mengucapkan syukur atas raihan Piala Adipura tahun 2022 kategori Kota Metropolitan  dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

menciptakan lingkungan yang bersih demi kenyamanan warga

"Keberhasilan Pemkot Jakarta Barat meraih Piala Adipura bidang lingkungan hidup ini merupakan hasil kerja keras seluruh stakeholder dan masyarakat. Penghargaan ini sebagai sebuah motivasi untuk selalu menjaga lingkungan, supaya Jakarta Barat selalu bersih, indah dan nyaman," ujar Yani, Rabu (1/3).

Dikatakan Yani, dengan diraihnya Piala Adipura serta dukungan dari masyarakat, Pemkot Jakarta Barat terus berupaya menjaga dan melestarikan lingkungan, khususnya dapat mengurangi sampah dari sumbernya sekaligus mengelolanya dalam upaya meningkatkan perekonomian warga.

15 Titik di Kecamatan Jagakarsa Telah Dilakukan Penilaian Adipura

“Targetnya kita tingkatkan pengelolaan sampah dari sumbernya melalui RT dan RW sekaligus mengoptimalkan pengelolaannya melalui bank-bank sampah di masyarakat," katanya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Jakarta Barat, Imron Syahrin menuturkan, keberhasilan Jakarta Barat meraih Piala Adipura tidak terlepas dari peran masyarakat dalam mengelola sampah dari sumbernya.

Saat ini, sambung Imron, setiap RW memiliki Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) RW yang bertugas melakukan pengurangan dan pemilahan sampah pada sumbernya dengan sistematika pengangkutan terjadwal dan terpilah.

BPS RW juga membangun bank sampah untuk mengelola sampah material daur ulang, melakukan pengolahan sampah organik atau sampah mudah terurai melalui kompos. Selain itu, pemanfaatan ulat maggot untuk mengolah sampah hingga eco enzyme hasil fermentasi limbah organik untuk cairan pembersih rumah tangga.

Ditambahkan Imron, saat ini jumlah BPS RW sebanyak 586 dan yang sudah jalan 65 persen hingga dengan jumlah itu penanganan sampah yang sudah diakomodir 265 persen. Sedangkan untuk keberadaan bank sampah di Jakarta Barat berjumlah 914 unit yang juga telah turut membantu mengurangi valume sampah untuk dibuang ke TPST Bantar Gebang.

"Dengan didapatnya Piala Adipura, membuat Pemkot Jakarta Barat untuk terus bekerja lebih keras demi menciptakan lingkungan yang bersih demi kenyamanan warga," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2640 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2265 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1875 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1217 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1151 personTiyo Surya Sakti