You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pokdakan Pulau Anggang Diajarkan Buat Pakan Alternatif
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pokdakan Pulau Panggang Dapat Bantuan Alat Pembuat Pakan Ikan

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kabupten Kepulauan Seribu bersama PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES), Rabu (1/3), memberikan bantuan dan bimbingan teknis (bimtek) penggunaan alat pembuat pakan ikan kepada pembudidaya ikan (Pokdakan) Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Bantu menghemat pengeluaran biaya operasional 

Kepala Seksi Kelautan dan Perikanan Sudin KPKP Kepulauan Seribu,  Elis Rora mengatakan,  selama ini dalam pemenuhan pakan ikan masyarakat cenderung menggunakan pakan pabrikan yang harganya cukup tinggi. Padahal, pakan ikan dapat diolah sendiri dengan memanfaatkan bahan baku ikan rucah atau biasa disebut ikan ekonomi rendah dan maggot.

"Kami bantu mereka untuk menghasilkan pakan sendiri. Ini sangat membantu menghemat biaya produksi dan meningkatkan nilai produksi hasil budidaya," katanya.

Delapan Pokdakan Dapat Bantuan Benih Ikan

Ia berharap, nantinya kerja sama dengan PHE OSES ini terus berlanjut guna mendukung program perkembangan ekonomi dan sumber daya masyarakat pesisir.

“Kerja sama ini bisa terus berlanjut, salah satunya terkait uji laboratorium hasil formulasi pakan agar lebih terukur kualitasnya“, tambah Elis.

Head of Communication, Relations and CID PHE OSES, Indra Darmawan menambahkan, penggunaan alat pembuatan pakan ikan ini merupakan salah satu upaya mengembangkan usaha pembudidayaan ikan.

“Dengan adanya bantuan mesin serta pelatihan penggunaan alat, mampu meningkatkan skill pembudidaya dalam membuat pakan sendiri. Sehingga pengeluaran untuk pembelian pakan dapat diminimalisir," ungkapnya.

Sementara, anggota Pokdakan Baronang, Soleh (44) menyampaikan, sangat terbantu dengan bantuan alat mesin penepung dan pembuat pelet untuk pakan ikan ini.

Dia mengaku, selama.ini dirinya selalu membeli pakan ikan yang dijual di pasar, sehingga berimbas pada tingginya biaya operasional.

"Bantuan mesin penepung dan pembuat pelet untuk pakan ikan ini sangat membantu kami untuk mengurangi pengeluaran biaya operasional ," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9174 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7953 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6758 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6490 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6460 personAldi Geri Lumban Tobing