You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 60 Peserta Dilatih Membatik di PPSB Rawabuaya
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Jakpreneur dan Kader PKK Dilatih Seni Membatik di PPSB Rawa Buaya

Sebanyak 60 peserta dilatih seni membatik oleh Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Jakarta Barat di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) Jalan Rama Raya, Kompleks Perumahan Persada Sayang, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng.

Saya jadi tahu cara membatik mulai dari membuat motif

Kepala Sudin Kebudayaan Jakarta Barat, Ahmad Syaropi mengatakan, pelatihan seni membatik tahun ini diikuti 60 peserta yang terdiri dari para Jakpreneur dan kader PKK.

Para peserta mendapatkan pelatihan teknik batik tulis dengan motif batik pesisir yang identik dengan ciri warna cerah seperti, biru, kuning, dan merah. Para peserta juga diajarkan cara menggunakan canting sebagai alat membatik hingga membuat pola yang diinginkan seperti motif ikan cupang serit dan bunga anggrek yang merupakan simbol Kota Administrasi Jakarta Barat.

200 Peserta Ikuti Pelatihan Modernisasi Terminal Bus

“Pelatihan bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya pada masyarakat dan mengerti teknik-tekni dasar membatik,” ujar Ahmad Syaropi, Jumat (3/3).

Dikatakan Ahmad, pelatihan ini berlangsung sejak 27 Februari hingga 10 Maret 2023 dengan 60 peserta yang dibagi dua gelombang. Setiap gelombang dilatih selama lima hari dengan jumlah 30 peserta.

“Pelatihan ini juga diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di DKI Jakarta, khususnya di Jakarta Barat,” katanya.

Sutiah (40), salah satu peserta pelatihan membatik gelombang pertama menuturkan, dirinya senang dan bersyukur bisa menjadi salah satu peserta pelatihan. Sebab, sebagai salah satu Jakpreneur yang memproduksi tas, dirinya menjadi tahu akan teknik dasar membatik.

“Saya jadi tahu cara membatik mulai dari membuat motif, kemudian berbagai cara pewarnaan alam, sintesis dan lainnya. Ilmu yang saya dapat akan diterapkan untuk kreasi pada usaha tas saya agar tampilannya lebih menarik dan cantik,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3251 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2859 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2622 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2583 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2571 personAnita Karyati