You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sebulan Diluncurkan, Layanan Tele Konselor Puspa Diminati
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Sebulan Diluncurkan, Layanan Tele Konselor Puspa Diminati

Tele Konsultasi Pusat Pelayanan Keluarga (Puspa) besutan Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta, yang diluncurkan sejak awal Februari 2023, diminati masyarakat. Tercatat, total ada 302 layanan/konseling yang diberikan selama Februari 2023.

Rata-rata 10 konsultasi per hari

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, masyarakat yang mengakses layanan ini didominasi mereka yang ingin berkonsultasi tentang kesehatan reproduksi dan kontrasepsi, gizi anak dan hukum keluarga. Tuty merinci, 42 konsultasi mengenai kesehatan reproduksi dan kontrasepsi, 32 konsultasi tentang gizi anak dan 28 konsultasi tentang hukum keluarga.

“Rata-rata 10 konsultasi per hari. Urusan gizi tentang stunting dan diet bagi orang dewasa, sedangkan urusan hukum keluarga lebih banyak bertanya seperti kekerasan berbasis gender tapi belum ada kasus yang berat,” ujar Tuty, Kamis (9/3).

Dinas PPAPP Kampanyekan Antikekerasan Perempuan dan Anak

Tuty menilai, untuk sebuah layanan baru, Tele Konsultasi Puspa ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Terbukti sebanyak 302 konsultasi dalam kurun waktu satu bulan menandakan bahwa layanan ini diminati.

“Kita tidak cepat berpuas diri, tetap harus dievaluasi sesuai kebutuhan masyarakat dan ditingkatkan agar manfaat layanan ini semakin dirasakan,” ucap Tuty.

Untuk diketahui, Dinas PPAPP DKI Jakarta menyediakan Tele Konsultasi Puspa untuk melayani warga yang ingin berkonsultasi secara daring (online). Layanan ini dapat diakses mulai Senin sampai Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB dengan durasi konsultasi 45 menit setiap klien.

Untuk mengakses layanan ini, warga harus terlebih dahulu membuat akun pribadi di website puspa.jakarta.go.id. Selanjutnya, klien dapat mengatur jadwal konsultasi yang disepakati bersama konselor.

Tele Konsultasi Puspa merekrut 15 konselor kompeten yang siap melayani masyarakat untuk konseling di antaranya, konselor parenting, konselor gizi anak, konselor keuangan, konselor anak, konselor kewirausahaan, konselor gizi lansia, dan psikolog klinis.

Selain itu, konselor hukum keluarga, konselor napza dan HIV/AIDS, konselor gizi ibu, kesehatan reproduksi dan kontrasepsi, konselor remaja dan konselor keluarga. Layanan ini juga merekrut tenaga Juru Bahasa Isyarat (JBI) yang siap mendampingi konselor lain apabila ada klien membutuhkan bahasa isyarat.

Tuty menambahkan, Tele Konsultasi Puspa hadir untuk menjawab pertanyaan, keluhan termasuk laporan masyarakat menyangkut pembangunan keluarga dan pencegahan tindak kekerasan pada perempuan dan anak.

“Tujuan dari layanan ini mengoptimalkan pelayanan ke masyarakat dan merupakan bagian dari Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE). Terlebih di era digital sekarang, masyarakat bisa tentu lebih mudah mendapatkan pelayanan,” tandas Tuty.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pramono Anung Siap Ikuti Prosesi Pelantikan Sebagai Gubernur DKI

    access_time20-02-2025 remove_red_eye2693 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta International Stadium Resmi Jadi Markas Persija

    access_time20-02-2025 remove_red_eye2244 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Alumni Menwa UPNVJ Tanam Mangrove di Hutan Angke Kapuk

    access_time22-02-2025 remove_red_eye1638 personNurito
  4. Kebakaran di Gedung Pasar Raya Blok M Berhasil Dipadamkan

    access_time19-02-2025 remove_red_eye1050 personTiyo Surya Sakti
  5. Pemprov DKI akan Gelar Pasar Pangan Murah di 193 Lokasi

    access_time22-02-2025 remove_red_eye1013 personBudhi Firmansyah Surapati