You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kadis PPAPP Berikan Bantuan dan Pendampingan kepada Korban Penculikan Anak
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Kadis PPAPP Berikan Pendampingan Korban Penculikan Anak

Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengunjungi korban penculikan anak kecil berinisial MA (6 tahun) yang tengah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit, Jakarta Timur.

Sejak hari Selasa lalu kami melakukan pendampingan

Tuty didampingi Kepala Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (UPT P2TP2A) Provinsi DKI Jakarta, Tri Palupi Diah Handayani serta Subkoordinator Urusan Peningkatan Partisipasi Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna Dinas PPAPP DKI Jakarta, Chomsyaniar Ramdiana.

Pada kesempatan itu, Tuty secara simbolis menyampaikan bantuan sosial dari Pemprov DKI Jakarta kepada perwakilan keluarga korban.

Dinas PPAPP Resmikan Pos SAPA di Terminal Pulogebang

Saat menjumpai korban MA di ruang perawatan, Tuty membawakan makanan kesukaan korban dan disambut hangat dengan senyum ceria korban dan keluarganya. Korban bersalaman dengan senyum ceria dan spontan memeluk Tuty.

Tuty tampak bersenda gurau dengan korban dan berbincang-bincang dengan perwakilan keluarga korban, serta pihak pendamping korban dari para Konselor P2TP2A DKI Jakarta dan Polres Jakarta Pusat.

Usai bertemu korban dan perwakilan keluarga, Tuty menegaskan Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen mencegah maupun menekan tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak di Jakarta.

Melalui UPT P2TP2A, Dinas PPAPP DKI Jakarta juga telah melakukan upaya advokasi serta berbagai upaya pendampingan terhadap korban penculikan anak dan pihak keluarganya.

Tuty menjelaskan, Dinas PPAPP DKI Jakarta bersama dengan jajaran kepolisian terus menangani kasus penculikan anak ini berinisial MA (6).

“Sejak hari Selasa lalu kami melakukan pendampingan. Kami sudah memberikan pendampingan itu, dalam bentuk pengukuran awal psikologis anak, layanan pendampingan hukum, serta layanan pendampingan lainnya," ujarnya, Kamis (5/1).

Tuty menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta turut memberikan bantuan sosial kepada korban dan pihak keluarga.

"Semoga ini semua dapat meringankan beban yang dialami oleh korban dan keluarganya," katanya

Ia berharap, seluruh warga akarta dapat ikut andil bersama-sama menjaga anak-anak di lingkungan sekitar. Sehingga dapat mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap anak, termasuk penculikan anak di bawah umur.  

"Jadi anak ini kita jaga bersama-sama ketika berada di mana pun. Terutama ketika di luar rumah, di jalanan dan di tempat-tempat umum lainnya," tuturnya.

Tuty berpesan agar semua masyarakat Jakarta dapat meningkatkan kepedulian dan pengawasan terhadap potensi terjadinya kekerasan terhadap anak maupun perempuan. Bila melihat adanya potensi kejadian atau peristiwa kekerasan tersebut dapat segera melaporkan kepada pihak kepolisian atau Pemprov DKI Jakarta melalui UPT P2TP2A DKI Jakarta (0813 176 176 22), Jakarta Siaga (112), Pos SAPA di RPTRA terdekat serta website puspa.jakarta.go.id yang memberikan pelayanan terpadu 24 jam terhadap tindak kekerasan anak dan perempuan.

Ia mengingatkan agar anak-anak di seluruh wilayah Jakarta terus mendapatkan edukasi untuk membangun kewaspadaan diri. Sehingga dapat melindungi diri dari potensi-potensi tindak kekerasan terhadap anak, seperti penculikan anak dan sebagainya.

"Bagi anak-anak yang sudah bersekolah, ya mestinya jam sekolah ada di sekolah. Ketika jam bermain di luar sekolah datanglah ke tempat yang telah terjaga dengan baik,” terangnya.

Menurut Tuty, terdapat 324 RPTRA yang tersebar di Jakarta saat ini dan dapat dijadikan tempat bermain yang aman dan nyaman untuk anak-anak. Seluruh RPTRA tersebut memiliki perpustakaan, sarana prasarana bermain dan penjaga.

“Ada enam orang di setiap RPTRA. Selain di RPTRA," tandasnya.

Perlu diketahui, sebelumnya, viral aksi penculikan anak kecil berinisial MA (6 tahun) yang dilakukan  seorang tidak dikenal.

Peristiwa ini terjadi di kawasan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat dan sempat terekam kamera CCTV, kemudian viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, anak kecil tersebut terlihat berjalan kaki dengan seorang pria menggunakan pakaian warna hitam menaiki Bajaj pada 7 Desember 2022. Korban diajak pelaku masuk ke dalam Bajaj.

Menurut informasi dari pihak keluarga, korban mengenali pelaku. Mengingat pelaku kerap mendatangi di warung milik orang tua korban. Korban ditemukan pada Selasa, 3 Januari 2023 dan jajaran kepolisian telah menangkap pelaku penculikan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3483 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3075 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2477 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2463 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2390 personFolmer