You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Heru Tinjau Kesiapan Pangan Jelang Ramadan di Pasar Induk Cipinang
.
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Pj Gubernur Heru Tinjau Kesiapan Pangan Jelang Ramadan di Pasar Induk Cipinang

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengunjungi Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) di Jakarta Timur, untuk memastikan ketersediaan pangan menjelang bulan Ramadan, Jumat (17/8).

Kami bersama-sama mengendalikan inflasi

Selain itu, Heru juga melepas beberapa kendaraan yang mengangkut sembako menuju ke lokasi-lokasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Antara lain, ke kelurahan-kelurahan, Polda Metro, dan Kodam. Isinya adalah beras satu ton, beras premium 100 kilogram, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, telur ayam, ada juga minyak goreng premium,” ujar Heru.

DKI - Kementan Berupaya Penuhi Kebutuhan Pangan Strategis Jelang Ramadan dan Idulfitri

Heru juga meninjau lokasi pendistribusian pangan murah bagi pemegang KJP untuk memastikan para penerima manfaat mendapatkan haknya seperti ayam, daging, telur, ikan, termasuk susu dan beras.

“Kami bersama-sama mengendalikan inflasi dan memberikan sembako kepada masyarakat serta memastikan semua di lapangan ada menjelang memasuki bulan Ramadan,” kata Heru.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi mengapresiasi siklus pangan Jakarta yang dimulai dari hulu sampai ke hilir dapat tertata dan salah satu yang terbaik sehingg layak menjadi role model.

“Jadi, stok itu juga mulai dari hulu. Bisa dilihat, sampai dengan hilirisasinya ada Pasar Jaya. ini keren banget. Jadi salah satu role model yang bisa dicontoh untuk nasional,” ucap Arief.

Sementara itu, Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo menyampaikan, harga beras dibandingkan dengan tiga minggu lalu terjadi penurunan kurang lebih 1-1,5 persen. Dikatakan Pamrihadi, Bapanas sudah menentukan harga floor price (harga eceran terendah) dan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk gabah kering panen yang baru.

“Harganya sendiri untuk beras medium itu Rp 10.100 kalau HET-nya kemarin ditentukan Rp 10.900. Jadi untuk di Pasar Induk Cipinang masih di bawah HET sehingga di pasar turunan bisa mencapai Rp 10.400 - Rp 10.500. Premium ditentukan Rp 13.900, tadi Koh Ayung kita tanya menjual premium dengan harga 12.100, jadi masih jauh di bawah HET,” kata Pamrihadi.

Pamrihadi menambahkan, stok beras di Pasar Induk Cipinang kurang lebih mencapai 19-20 ribu ton saat ini. Dalam waktu dekat akan masuk lagi, sehingga 1-2 minggu ke depan bisa mencapai 30 ribu ton.

“Diperkirakan akan ada yang masuk panen di bulan Maret-April, sehingga harga tersebut akan terkendali dan harga beras juga akan terkendali,” tandas Pamrihadi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. DKI Raih Penghargaan Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan dari Bapanas RI

    access_time16-02-2024 remove_red_eye8979 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 15 Pohon Tabebuya Ditanam di Akses Jalan KCIC Halim

    access_time16-02-2024 remove_red_eye4753 personNurito
  3. Anwar Pimpin Tanam Cabai di.Markas Brigif 1 Jaya Sakti

    access_time17-02-2024 remove_red_eye3763 personNurito
  4. Sebagian Wilayah Jakarta Bakal Diguyur Hujan

    access_time17-02-2024 remove_red_eye3439 personAnita Karyati
  5. 60 Personel Gabungan dan Warga Bersihkan Kali Sunter

    access_time17-02-2024 remove_red_eye3055 personNurito