You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI raih pan RB
....
photo doc - Beritajakarta.id

DKI Raih Penghargaan Pelayanan SPBE dari Kementerian PAN-RB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bersama Tim Koordinasi Nasional SPBE menggelar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2023 di Kempinski Hotel, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ini merupakan penghargaan pertama

Dalam gelaran tersebut, DKI Jakarta mendapatkan penghargaan dalam kategori penerapan pelayanan SPBE dari lima kategori yang ada.

Acara tersebut dihadiri Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas; Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan.

Dinas Kominfotik Gelar Webinar SOLID Ajak Masyarakat Waspada Penyebaran Hoaks

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Yudhistira Nugraha mengatakan, DKI Jakarta menang dalam kategori penerapan pelayanan SPBE. Di mana dalam kategori tersebut ada dua pelayanan yang terdiri dari pelayanan administrasi pemerintah dan pelayanan publik.

"Untuk pelayanan administrasi pemerintah, kita punya e-order, smart planning dan budgeting. Pelayanan publik kita juga punya aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dan sebagainya," katanya, Senin (20/3).

Yudhistira menuturkan, dengan adanya pelayanan tersebut, DKI Jakarta telah memiliki indeks domain lebih dari atau sama dengan 4,37. Penilaian ini menjadikan Jakarta menang dalam kategori tersebut di tingkat provinsi.

"Ini merupakan penghargaan pertama. Secara keseluruhan indeks kita pada 2021 sebesar 3,47 masuk dalam kategori baik, lalu di 2022 naik menjadi 3,67 atau kategori sangat baik. Kenaikan indeks tersebut tidak lepas dari disahkannya Pergub Nomor 68 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan SPBE," tuturnya.  

Menurut Yudhistira, penerapan SPBE merupakan salah satu bentuk akselerasi tranformasi digital di DKI Jakarta. Mengingat Jakarta akan terus berinovasi untuk menjadi kota global.

"Selamat buat DKI Jakarta. Sukses Jakarta untuk Indonesia," serunya.

Ia berharap, dengan penghargaan ini, DKI Jakarta ke depan semakin baik dalam tata kelola dan kebijakan. Pemprov DKI Jakarta juga akan melakukan penguatan dan pelengkapan terhadap domain-domain

"Paling penting aktualisasinya. Karena SPBE ini salah satu akselerasi transformasi digital.

Harapan saya transformasi digital ini bisa mendorong Jakarta sebagai Kota Global," ucapnya.

Ketua Panitia SPBE Summit 2023 sekaligus Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN-RB Nani Murwati menilai, pemberian penghargaan tersebut menjadi bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dengan nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik pada 2021 dan 2022.

Penghargaan ini juga diharapkan dapat memberi wawasan contoh benchmark penerapan SPBE yang baik. SPBE Summit 2023 juga menjadi kesempatan untuk mewujudkan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95/2018 tentang SPBE dan Perpres Nomor 132/2022 tentang Arsitektur SPBE.

"Dengan adanya SPBE Summit 2023, pembangunan layanan digital berbasis masyarakat diharapkan segera terwujud," imbuhnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menganggap, SPBE suatu transformasi yang sangat dibutuhkan pemerintahan saat ini. Di mana sistem digital akan membuat suatu lompatan menuju Indonesia maju dengan penuh sinergitas.

"Kami sudah melakukan arahan Presiden. Sekarang kita bertahap sedang melakukan pelayanan publik dan tata kelola lebih baik," ungkapnya.

Menurut Sandi, sejauh ini ada lebih dari 30 juta UMKM yang bergerak dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang harus memanfaatkan teknologi digital.

"Semoga ini semakin memajukan pariwisata dan ekonomi masyarakat," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Peserta Didik SMPN 73 Antusias Ikuti Festival Budaya Nusantara

    access_time12-06-2024 remove_red_eye1272 personTiyo Surya Sakti
  2. Disdik Pastikan KJP Plus akan Cair pada Minggu Kedua Juni 2024

    access_time10-06-2024 remove_red_eye871 personFolmer
  3. HUT ke-497 Jakarta, DKI Hapus Sanksi Administrasi PKB dan BBNKB

    access_time11-06-2024 remove_red_eye870 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Yuk Ikutan Lomba Konten Video Urban Farming Meriahkan HUT Jakarta

    access_time12-06-2024 remove_red_eye828 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. 5.246 Peserta Ikut Gerakan Jakarta Berjaga

    access_time09-06-2024 remove_red_eye597 personBudhi Firmansyah Surapati