You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Masjid KH Hasyim Asy'ari, Gelar Pesantren Ramadan
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Ini Kegiatan Ramadan di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari

Ramadan telah tiba. Berbagai kegiatan disiapkan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari untuk mengisi Ramadan 1444 Hijriah.

Selama Ramadan akan ada banyak kegiatan keagamaan

Sekretaris DKM Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, Humaidi Hambali menuturkan, layaknya masjid pada umumnya, selama bulan Ramadan, beragam kegiatan keagamaan dihadirkan di masjid yang terletak di Jalan Rusunawa Pesakih, No 14, RT 03/14, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Satpol PP DKI Gelar Apel Kesiapsiagaan Jelang Ramadan

“Selama Ramadan akan ada banyak kegiatan keagamaan di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari. Kegiatan sudah diawali dengan pelatihan hisab dan ru’yatul hilal untuk menentukan awal Ramadan,” ujar Humaidi, kepada beritajakarta.id, Kamis (23/3).

Dikatakan Humaidi, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 April 2017, telah menyiapkan beragam kegiatan untuk mengisi Ramadan 1444 Hijriah. Kegiatan tersebut seperti, tarhib Ramadan, penyediaan takjil, salat tarawih berjemaah, pesantren Ramadan, peringatan Nuzulul Quran, itikaf, pengumpulan ZIS, gema takbir dan pelaksanaan salat Idulfitri.

“Untuk salat tarawih berjemaah akan diadakan kultum yang akan disampaikan para ulama dan kyai selama sebulan penuh,” ungkap Humaidi.

Sedangkan untuk pesantren Ramadan, jelas Humaidi, ditujukan untuk anak-anak sekolah tingkat menengah pertama dan menengah atas yang akan dilangsungkan selama tiga hari.

“Kami juga menyediakan 200 paket takjil dan 100 nasi kotak setiap hari selama Ramadan untuk masyarakat yang berbuka di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari atau masyarakat yang melintas di kawasan masjid,” katanya.

Ditambahkan Humaidi, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari dibangun dua lantai di atas lahan seluas 2,4 hektare dengan luas bangunan mencapai 1,6 hektare. Menurutnya, setelah pencabutan kebijakan PPKM oleh pemerintah pusat, pihaknya yakin jemaah yang datang akan lebih banyak dibanding saat pandemi COVID-19 lalu.

“Setelah pandemi, kami berharap masyarakat dapat lebih maksimal dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5865 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2960 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2877 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2820 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2455 personNurito