You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas PPAPP Siagakan Pos SAPA di Terminal Terpadu Pulogebang
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas PPAPP Siagakan Pos SAPA di Terminal Terpadu Pulo Gebang

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta,  menyiagakan Pos Sahabat Perempuan dan Anak (Pos SAPA) di Gedung B lantai 2 Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, selama masa mudik Lebaran.

Kita perhatikan kebutuhan spesifik anak dan perempuan selama arus mudik dan balik 

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, keberadaan Pos SAPA di terminal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang, sekaligus mendukung kegiatan mudik yang ramah perempuan dan anak.

“Kalau ada penumpang keberangkatan atau kedatangan yang melihat atau mengalami kekerasan dan pelecehan bisa melaporkan ke Pos SAPA. Mereka yang membutuhkan informasi terkait pelayanan seperti konsultasi maupun pendampingan bisa langsung ke sana. Letaknya di samping Posko Kesehatan,” ungkap Tuty, Rabu (19/4).

Dinas PPAPP Tambah Enam Pos Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak

Tuty menyampaikan, pihaknya menerjunkan 10 petugas setiap hari selama 24 jam untuk memberikan pelayanan di pos ini.

Selain itu, lanjut Tuty, konselor dan para legal juga siap untuk melakukan pendampingan jika terjadi kasus kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan dan anak.

“Kami juga menyiapkan tenaga visit lapangannya untuk pendampingan yakni, para konselor dan para legal. Kalau ada kasus kita langsung turun ke lapangan di Pos SAPA di Terminal Pulo Gebang,” ucap Tuty.

Diharapkan, keberadaan Pos SAPA ini membuat masyarakat semakin berani untuk melapor jika mengalami atau melihat kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Petugas yang bertugas  sudah terlatih untuk menerima informasi dan rujukan. Kita perhatikan kebutuhan-kebutuhan spesifik anak dan perempuan selama arus mudik dan balik ini,” kata Tuty.

Tuty menyebutkan, belum ada laporan tindak kekerasan maupun pelecehan terhadap perempuan dan anak di Pos SAPA Terminal Terpadu Pulo Gebang sampai saat ini.

Dia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta dan seluruh pemangku kepentingan akan terus bersama melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus perempuan dan anak di Jakarta.

“Artinya promotif dan preventif kita lakukan sudah jalan. Imbauan-imbauan yang kita lakukan lewat pengeras suara jadi referensi dan informasi untuk pencegahan kekerasan dan pelecehan. Pos SAPA akan siaga terus di sana,” tandas Tuty.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3730 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3449 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3044 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3005 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2996 personAnita Karyati