You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pos sapa di 3 terminal
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas PPAPP Targetkan Tiga Terminal Ini Dilengkapi Pos SAPA

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menargetkan tiga terminal tipe A di Jakarta bakal dilengkapi Pos Sahabat Perempuan dan Anak (Pos SAPA) tahun ini.

dalam rangka mewujudkan ruang publik yang aman

Tiga terminal tersebut yaitu, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Kalideres.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, sebelumnya Pos SAPA di Terminal Terpadu Pulogebang sudah diresmikan pada akhir Desember 2022.

Kadis PPAPP Berikan Pendampingan Korban Penculikan Anak

Tuty menilai, kehadiran Pos SAPA di terminal dapat membantu penanganan awal bila terjadi kasus kekerasan maupun pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak di tempat publik, terutama moda transportasi umum.

“Penambahan layanan Pos SAPA di terminal ini dalam rangka mewujudkan ruang publik yang aman untuk perempuan dan anak, khususnya pada moda transportasi umum,” ujar Tuty, Selasa (10/1).

Tuty menjelaskan, Pos SAPA merupakan wadah informasi dan penerima laporan awal kasus kekerasan. Para korban nantinya dapat terhubung langsung dengan UPT Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) untuk mendapatkan layanan sesuai dengan kebutuhan korban.

"Harapannya, seluruh terminal di DKI Jakarta, sudah dibentuk dan membuka layanan Pos SAPA untuk memberi akses pengaduan serta mewujudkan ruang publik yang aman bagi perempuan dan anak,” kata Tuty.

Tuty menambahkan, dengan hadirnya Pos SAPA pada moda transportasi umum, penumpang atau pengguna layanan dapat dengan mudah melaporkan jika terjadi tindakan kekerasan dan pelecehan seksual kepada perempuan dan anak sehingga dapat ditangani secara cepat dan tepat.

Penyediaan Pos SAPA di terminal ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berani melapor ketika mengalami dan melihat kejadian kekerasan dan pelecehan seksual. Masyarakat juga dapat melaporkan melalui kanal yang ada seperti Jakarta Siaga 112, Call Center UPT P2TP2A 0813 1761 7622, SAPA 129 milik Kementerian PPPA dan lain-lain.

“Untuk mendukung operasional layanan Pos SAPA di terminal, Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Dinas PPAPP DKI Jakarta memberikan pelatihan atau bimtek kepada petugas Dishub, khususnya yang bertugas di terminal,” tandas Tuty.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1400 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Tetapkan UMSP 2025, Ini Rinciannya

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1288 personFolmer
  3. Operasi Modifikasi Cuaca Efektif Kurangi Curah Hujan di DKI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1243 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1124 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Raih Penghargaan Indeks Reformasi Hukum dari Kementerian Hukum RI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1088 personFolmer