You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pos sapa di 3 terminal
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas PPAPP Targetkan Tiga Terminal Ini Dilengkapi Pos SAPA

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menargetkan tiga terminal tipe A di Jakarta bakal dilengkapi Pos Sahabat Perempuan dan Anak (Pos SAPA) tahun ini.

dalam rangka mewujudkan ruang publik yang aman

Tiga terminal tersebut yaitu, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Kalideres.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, sebelumnya Pos SAPA di Terminal Terpadu Pulogebang sudah diresmikan pada akhir Desember 2022.

Kadis PPAPP Berikan Pendampingan Korban Penculikan Anak

Tuty menilai, kehadiran Pos SAPA di terminal dapat membantu penanganan awal bila terjadi kasus kekerasan maupun pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak di tempat publik, terutama moda transportasi umum.

“Penambahan layanan Pos SAPA di terminal ini dalam rangka mewujudkan ruang publik yang aman untuk perempuan dan anak, khususnya pada moda transportasi umum,” ujar Tuty, Selasa (10/1).

Tuty menjelaskan, Pos SAPA merupakan wadah informasi dan penerima laporan awal kasus kekerasan. Para korban nantinya dapat terhubung langsung dengan UPT Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) untuk mendapatkan layanan sesuai dengan kebutuhan korban.

"Harapannya, seluruh terminal di DKI Jakarta, sudah dibentuk dan membuka layanan Pos SAPA untuk memberi akses pengaduan serta mewujudkan ruang publik yang aman bagi perempuan dan anak,” kata Tuty.

Tuty menambahkan, dengan hadirnya Pos SAPA pada moda transportasi umum, penumpang atau pengguna layanan dapat dengan mudah melaporkan jika terjadi tindakan kekerasan dan pelecehan seksual kepada perempuan dan anak sehingga dapat ditangani secara cepat dan tepat.

Penyediaan Pos SAPA di terminal ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berani melapor ketika mengalami dan melihat kejadian kekerasan dan pelecehan seksual. Masyarakat juga dapat melaporkan melalui kanal yang ada seperti Jakarta Siaga 112, Call Center UPT P2TP2A 0813 1761 7622, SAPA 129 milik Kementerian PPPA dan lain-lain.

“Untuk mendukung operasional layanan Pos SAPA di terminal, Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Dinas PPAPP DKI Jakarta memberikan pelatihan atau bimtek kepada petugas Dishub, khususnya yang bertugas di terminal,” tandas Tuty.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4772 personTiyo Surya Sakti
  2. Tujuh Jenazah Korban Kebakaran Mampang Prapatan Berhasil Diidentifikasi

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3131 personNurito
  3. 85 PPSU Bersih-Bersih Pantai Cikaya

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2967 personAnita Karyati
  4. Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2939 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2920 personAnita Karyati