You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mengalami pendangkalan, Kali Opak Mendesak Dikeruk
.
photo Devi Lusianawati - Beritajakarta.id

Kali Opak Dikeruk Tahun Ini

Warga RT 004/01, Kelurahan Tambora, Jakarta Barat yang selalu dihantui bencana banjir, kini mulai bisa bernapas lega. Sebab, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan pengerukan Kali Opak yang berada di sekitar pemukiman warga yang selama ini menjadi penyebab banjir.

Saya dapat informasi dari Dinas Tata Air. Rencananya, tahun ini akan dikeruk

Ya, Kali Opak sudah mengalami pendangkalan cukup signifikan. Hampir sepuluh tahun, kali tersebut tidak pernah dikeruk. Akibatnya, endapan lumpur di kali menjadi gundukan tanah.

Camat Tambora Mursidin mengatakan, Kali Opak akan dikeruk tahun ini. "Saya dapat informasi dari Dinas Tata Air. Rencananya, tahun ini akan dikeruk," ujarnya, Minggu (5/7).

Kali Opak Alami Pendangkalan Parah

Namun dia belum mengetahui pasti kapan persisnya kali tersebut dikeruk serta anggarannya. "Semua ada di Dinas Tata Air," sambungnya.

Pantauan beritajakarta.com, kali dengan lebar sekitar 6 meter tersebut terlihat sangat dangkal. Bahkan bagian kali yang sudah berubah menjadi gundukan tanah dapat dilalui warga tanpa harus takut tenggelam. Sementara bagian lainnya dipenuhi oleh sampah.

Maya (54) warga RT 04/01 Kelurahan Tambora, Tambora, Jakarta Barat mengatakan, pendangkalan yang terjadi pada Kali Opak menimbulkan aroma yang tidak sedap. Bahkan, kali tersebut menjadi sarang nyamuk yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Maya berharap agar Pemprov DKI Jakarta segera mengeruk kali tersebut sebelum musim hujan tiba. Pasalnya, setiap turun hujan rumah warga yang berada di sekitar kali selalu terendam air. "Rumah kami selalu kebanjiran. Bahkan, sampah banjir juga masuk ke rumah warga," tuturnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1178 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1106 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1099 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye906 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye905 personNurito