You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Business Matching P3DN Gelombang Tiga
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas PPKUKM Gelar Business Matching P3DN Gelombang Tiga

Dinas Perindutrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menggelar Business Matching P3DN Batch III Tahun 2023 di Balai Kota pada 8-11 Mei 2023.

Target inilah yang harus kita lampaui dan kerjakan bersama-sama

Jumlah eksibitor pada pameran ini sebanyak 16 produsen bersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan 10 UMKM Jakarta Entrepreneur. Dalam rangkaian kegiatan pameran ini juga dilaksanakan beberapa kegiatan berupa sosialisasi dan bimbingan teknis, dengan topik-topik menarik.

Kepala Dinas PPKUKM sekaligus Ketua Harian Tim P3DN Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima Penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dari Presiden RI, Joko Widodo sebagai Juara 1 Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik Kategori Pemerintah Daerah pada 15 Maret 2023 lalu.

Komisi B Minta Sosialisasi P3DN Lebih Digalakkan

Ratu menilai, menjadi juara memang bukanlah hal yang mudah. Namun hal yang lebih berat adalah mempertahankannya. Pada tahun 2023, Provinsi DKI Jakarta telah berkomitmen untuk belanja Produk Dalam Negeri sebesar Rp 15,8 triliun.

“Target inilah yang harus kita lampaui dan kerjakan bersama-sama,” ujar Ratu, Senin (8/5).

Dijelaskan Ratu, selaras dengan arahan Presiden yang menargetkan belanja PDN hingga 95 persen, target belanja PDN juga akan menjadi salah satu indikator dalam Perjanjian Kinerja seluruh Kepala Perangkat Daerah di Provinsi DKI Jakarta.

“Ini adalah bukti bahwa keberpihakan kepada produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, serta koperasi harus dilaksanakan dengan serius,” kata Ratu.

Ratu menyampaikan, pada Business Matching Batch I bulan Februari 2023, tercatat total nilai ketertarikan pembelian Produk Dalam Negeri sebesar Rp 22,5 miliar. Sedangkan pada Business Matching Batch III bulan Maret 2023 tercatat sebesar Rp 5,8 miliar.

“Kami mengharapkan antusiasme yang lebih besar dari Bapak Ibu sehingga pada Business Matching kali ini kita bisa mencatatkan nilai ketertarikan yang lebih besar,” ucap Ratu.

Ratu meminta kepada para perusahaan peserta Business Matching supaya dapat menggunakan momen ini sebaik-baiknya untuk memperkenalkan produk-produk unggulan bersertifikat TKDN dan meyakinkan bahwa Produk Dalam Negeri tidak kalah saing dengan produk impor.

“Mari kita dukung para pelaku UMKM dengan membiasakan diri menggunakan produk lokal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Ratu.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Frida Elizabeth menjelaskan, Business Matching P3DN Batch III Tahun 2023 dilaksanakan bertujuan mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri di Provinsi DKI Jakarta. Hal itu sebagaimana diamanatkan melalui Instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk UMKM dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Tujuan lainnya yakni, mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan, rasa cinta produk dalam negeri, serta bagian dari pembinaan yang dilakukan oleh Dinas PPKUKM DKI Jakarta sebagai salah satu langkah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

“Di sini kami mempertemukan para Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dan Pejabat Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dengan para produsen produk dalam negeri yang sudah bersertifikat TKDN untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang/jasa di SKPD/UKPD masing-masing,” tandas Frida.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3897 personNurito
  2. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3487 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2501 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2396 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2380 personFolmer