You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 161 Petugas Dikukuhkan Jadi Pendamping Haji 2023
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

161 Petugas Dikukuhkan Jadi Pendamping Haji 2023

161 petugas pemandu jemaah haji DKI Jakarta dikukuhkan di Ruang Pertemuan Lantai 2 Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Para petugas haji harus mampu membangun tim yang solid

Ratusan petugas ini dikukuhkan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono.

Pada kegiatan itu, Joko menyampaikan pesan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan seluruh warga telah mengamanatkan Petugas Haji Daerah bertanggung jawab dan ikhlas dalam menjalankan tugas pokoknya dalam melakukan pendampingan jemaah haji.

3.619 Jamaah Haji Jakarta Telah Jalani Wukuf di Arafah

Tahun ini kuota jemaah haji sudah kembali normal dengan tema Haji Ramah Lansia. Sesuai tema tersebut, petugas haji harus memiliki atensi tinggi kepada para lansia serta jemaah haji dengan kondisi risiko tinggi karena ibadah haji merupakan ibadah fisik.

"Para petugas haji harus mampu membangun tim yang solid, cepat dan tanggap. Karena tantangan ke depan tidak mudah dengan mayoritas jemaah kita itu lansia," katanya, Jumat (19/5).

Asisten Kesejahteraan Rakyat DKI Jakarta, Widyastuti yang juga menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spritual (Dikmental), Widyastuti menjelaskan, petugas haji yang dikukuhkan berjumlah 161 orang, terdiri dari 100 Tim Pemandu Haji Pusat (TPHP) dan 61 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

"100 orang dari unsur pusat dibagi menjadi tiga tim dengan rincian tim kesehatan, tim pembimbing ibadah haji, tim pemandu ibadah haji. Sementara itu, 61 orang dari unsur daerah terbagi menjadi tim pembimbing ibadah haji daerah, tim kesehatan haji daerah dan tim layanan umum haji daerah," jelasnya.

Widyastuti menambahkan, para petugas haji ini sudah diberikan pelatihan atau bimbingan terintegritas selama sembilan hari dari Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan di Asrama Haji Jakarta Pondok Gede Jakarta Timur.

Rencananya keberangkatan petugas calon jamaah haji asal DKI dilangsungkan pada 24 Mei-23 Juni 2023 dan masa pemulangan pada 04 Juli-01 Agustus 2023

"Tahun ini ada 7.926 calon jemaah haji DKI Jakarta yang terbagi dalam 20 kloter. Satu kloter ada 388 jemaah dibantu delapan orang petugas pusat dan daerah," ucapnya.

Ia juga menyampaikan pesan, para jemaah dan petugas harus menjaga kesehatan dan saling membantu mengingatkan agar selalu menjaga protokol kesehatan. Selain itu, petugas juga harus benar-benar melayani dan mendampingi jemaah haji yang istitho'ah.

"Pesan saya kepada petugas haji untuk bertanggung jawab sesuai dengan fungsi mereka," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1113 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye898 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye819 personAldi Geri Lumban Tobing