You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
13 Saluran Phb, Kali, Danau dan Waduk di Keruk di Jakbar
....
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Sudin SDA Jakbar Terus Intensifkan Pengerukan Lumpur

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat terus mengintensifkan pengerukan lumpur di sungai, waduk, maupun saluran penghubung. Selain sebagai perawatan, upaya ini dilakukan untuk menambah kapasitas daya tampung air terutama saat musim hujan sehingga dapat meminimalisir genangan.

Pengerukan lumpur ini kegiatan rutin setiap tahun

Kepala Sudin SDA Jakarta Barat, Purwanti mengatakan, tahun ini pihaknya fokus melakukan pengerukan lumpur sungai, waduk, maupun saluran penghubung di 13 titik.

“Pengerukan lumpur ini kegiatan rutin setiap tahun sebagai upaya perawatan serta menambah kapasitas daya tampung air,” ujar Purwanti, Jumat (9/6).

Pengerukan Lumpur Kali Krukut di Kelurahan Pulo Rampung

Dikatakan Purwanti, ke-13 titik pengerukan lumpur tersebut yakni di Kali Mookervart (kawasan lampu merah Cengkareng, Rawa Buaya), Kali Duri (depan Stasiun Duri Tambora), Danau Hutan Kota Srengseng (Kembangan), Kali Semanan ( Taman Semanan Indah, Duri Kosambi), serta Saluran Penghubung Peternakan II (Kapuk).

Kemudian, Saluran Penghubung Kamal Benda (Kalideres), Waduk Bojong Indah (Rawa Buaya), Waduk Tomang Barat, Saluran Penghubung Citra II ekstension, Saluran Penghubung Satu Maret (Kalideres), Sodetan Kali Pesanggrahan (Kebon Jeruk), Saluran Penghubung Taman Palem (Cengkareng) dan Kali Angke (belakang Trisula Center).

“Untuk tahun ini kami fokus melakukan pengerukan lumpur di 13 titik di wilayah yang memang rawan tergenang saat musim hujan,” katanya.

Menurutnya, dari 13 titik lokasi pengerukan tersebut, beberapa ada yang sudah dilakukan pengerjaannya sejak tahun lalu seperti di Waduk Tomang, Danau Hutan Kota Srengseng, Kali Angke, Waduk Bojong Indah, dan Kali Pesanggrahan.

“Rata-rata pengerukan dilakukan sedalam satu meter. Kami juga mengerahkan alat berat. Umumnya di tiap lokasi kami kerahkan dua ekskavator yang disesuaikan dengan kondisi lapangan. Ekskavator-nya mulai dari jenis amphibi, long arm, dan spider,” jelas Purwanti.

Ditambahkan Purwanti, untuk panjang pengerjaan pengerukan lumpur bervariasi mulai 200 meter hingga ada yang mencapai lebih dari 500 meter. Ia mengungkapkan, pengerukan lumpur pada beberapa titik saluran penghubung diperkirakan akan rampung bulan depan. Sedangkan untuk pengerukan sungai, danau, dan waduk ditargetkan rampung akhir tahun ini.

“Dengan dilakukan pengerukan, kami berharap saat terjadi hujan deras dengan intensitas lama maka wilayah tersebut bisa bebas genangan ataupun jika sampai terjadi genangan, air akan cepat surut,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye819 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati