You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga Jakarta Diminta Menabung Air
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Warga Jakarta Diminta Menabung Air

Pembuatan sumur resapan dan lubang biopori terus dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun, sebagai langkah antisipasi saat musim kemarau, warga diminta untuk melakukan gerakan menabung air.

Kami harus sampaikan kepada warga Jakarta, sudah saatnya Jakarta membuat suatu gerakan masyarakat untuk menabung air

“Sekarang saatnya, memuat sumur-sumur resapan dan lobang biopori sebagai tempat menampung air hujan. Kita harus membuat bumi kita minum air,” kata Djarot Saiful Hidayat, Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balaikota DKI, Jakarta, Rabu (8/7).

Dikatakan Djarot, DKI Jakarta selama ini masih sangat kurang memiliki tempat resapan air. Padahal, keberadaan sumur resapan sangat dibutuhkan karena dapat mencegah banjir serta membuat pasokan air tanah bertambah sehingga penurunan muka tanah di ibu kota teratasi.

100 Lubang Biopori Dibuat di Taman Amir Hamzah

“Jadi, air hujan yang turun tidak langsung terbuang ke laut atau mengalir ke kampung-kampung yang mengakibatkan banjir. Tapi dapat ditampung di sumur resapan,” jelasnya.

Untuk itu, Djarot berharap tiga instansi terkait yakni Dinas Tata Air, Dinas Pertamanan dan Pemakaman serta Dinas Perindustrian dan Energi dapat membangun banyak sumur resapan di lima wilayah Jakarta.

Kami harus sampaikan kepada warga Jakarta, sudah saatnya Jakarta membuat suatu gerakan masyarakat untuk menabung air. Air perlu kita tabung, tidak perlu dibuang-buang,” katanya.

Sekadar diketahui, Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta merencanakan akan membuat 3.620 titik sumur resapan yang tersebar di enam wilayah ibu kota.

Dari 3.500 titik sumur resapan dangkal, 1.000 titik di antaranya dibangun di wilayah Jakarta Timur yang tersebar di 10 kecamatan. Sementara 120 titik sumur resapan dalam sebanyak 40 titik.

Pemprov DKI juga membuat regulasi bagi setiap bangunan baru diwajibkan membangun sumur resapan sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sumur Resapan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1177 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1105 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1098 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye905 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye904 personNurito