You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 100 Warga dari 2 Kecamatan di Jakut Ikuti Pelatihan Aneka Bidang Kue
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

100 Warga di Jakut Telah Selesaikan Pelatihan Aneka Bidang Kue

Sebanyak 100 warga dari Kecamatan Kelapa Gading dan Tanjung Priok, mengikuti pelatihan aneka bidang kue yang diadakan Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Utara, sejak Senin (5/6) hingga Jumat (9/6).

Kita latih mereka agar bisa berwirausaha.

Sekretaris Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Hedi Wijaya mengatakan, pelatihan aneka bidang kue merupakan salah satu program pihaknya untuk mengatasi angka pengangguran di DKI Jakarta. Pada tahun ini, dittargetkan 3.500 warga dapat mengikuti pelatihan ini.

"Kita latih mereka agar bisa berwirausaha. Karena kalau di sektor formal pastinya ada batasan, seperti usia dan jenjang pendidikan," katanya, Jumat (9/6).

100 Warga Ikuti Pelatihan Mengemudi di Jakut

Menurut Hedi, usai mengikuti pelatihan para peserta diberikan bantuan peralatan membuat kue seperti mixer, oven, loyang kotak dan bulat, serta nomor induk berusaha (NIB).

Dia berharap, para peserta bisa memanfaatkan materi pelatihan dan bantuan peralatan yang didapat sebaik-baiknya untuk berusaha aneka bidang kue.

"Tidak hanya mampu meningkatkan perekonomian, kegiatan usaha mereka diharap bisa menyerap tenaga kerja baru dari lingkungan sekitar," tuturnya.

Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi (P3T) Suku Dinas Nakertransgi Jakarta Utara, Dwi Juni menjelaskan, pelatihan ini merupakan angkatan ke 6 dan 7 di tahun 2023. Para peserta di tiap angkatan sebanyak 50 orang berasal dari Kecamatan Kelapa Gading dan Tanjung Priok.

Selama empat hari, jelas Dwi, masing-masing angkatan mengikuti pelatihan di RPTRA Gading Ayu (Kelurahan Pegangsaan Dua) dan RPTRA Bawang Putih (Kelurahan Kebon Bawang).

Dia mengungkapkan, selama pelatihan para peserta mendapat berbagai materi kelas dan praktik seperti membuat aneka kue basah, kue kering, pastry serta roti. Kemudian, materi perlindungan diri secara mandiri dari BPJS Ketenagakerjaan dan akses permodalan dari bank DKI.

"Setelah pelatihan ini mereka tetap kita lakukan pembinaan dan monitoring. Dengan NIB yang telah dimiliki itu kita akan coba dorong mereka ikut e-order pengadaan di Pemprov DKI," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1953 personTP Moan Simanjuntak
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1228 personFolmer
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1171 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Petugas Gabungan Tangani Longsor Tebing Tol di Jalan Mulia Bhakti

    access_time06-07-2024 remove_red_eye1035 personTiyo Surya Sakti
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye950 personTiyo Surya Sakti