You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 TPU Karet Bivak Kotor, Kasudin akan Ditegur
.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

TPU Karet Bivak Kotor, Kasudin akan Ditegur

Meski berada di tengah kota, kondisi Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak di Jalan Penjernihan, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, seperti tidak terawat lantaran kotor dan marak pedagang kaki lima (PKL).

Kondisi makam di sini sangat kotor, kita akan layangkan surat teguran kepada kasudin. Lahan makam tidak boleh berubah fungsi

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ratna Dyah Kurniati berjanji akan menegur pejabat terkait untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Ratna mengaku, sangat menyayangkan kondisi pemakaman yang tidak terawat. Menurutnya seharusnya kasudin di wilayah lebih memperketat pengawasan pemakaman.

"Kondisi makam di sini sangat kotor, kita akan layangkan surat teguran kepada kasudin. Lahan makam tidak boleh berubah fungsi," ujarnya, Kamis (9/7).

TPU Karet Bivak Marak Sampah & PKL

Namun, ia juga tahu jika tenaga kebersihan di pemakaman seluas 16,1 hektare tersebut juga masih kurang. Menurutnya, saat ini TPU hanya dibersihkan oleh 17 orang tenaga harian, sehingga harus dievaluasi agar tidak lagi terjadi kesemrawutan di area pemakaman.

"Rasanya kalau cuma 17 orang itu tidak cukup, akan kita evaluasi. Kita juga minta agar setelah Lebaran mendatang semua PKL di area makam dikeluarkan karena membuat lokasi kumuh," tegasnya.

Selain banyak tumpukan sampah, TPU yang menjadi lokasi makam sejumlah tokoh Indonesia itu juga dijejali banyak PKL. Pantauan beritajakarta.com sampah plastik dan daun kering terlihat berceceran di lokasi. Tumpukan tanah galian juga terlihat di beberapa sudut TPU.

Kondisi ini diperparah dengan banyaknya hewan peliharaan warga seperti kambing dan ayam berkeliaran bebas di area pemakaman. Puluhan pedagang yang berjualan juga membuang sampah dan sisa makanan di area makam.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye4371 personTP Moan Simanjuntak
  2. Pj Gubernur Buka Secara Resmi Pameran Flona 2024

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1891 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Petugas Gabungan Tangani Longsor Tebing Tol di Jalan Mulia Bhakti

    access_time06-07-2024 remove_red_eye1637 personTiyo Surya Sakti
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1225 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye971 personTiyo Surya Sakti