You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Pusip DKI Gelar Bedah Buku KPI
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas Pusip DKI Gelar Bedah Buku Kembara Penyair Ikhtisas

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) DKI Jakarta menggelar acara bedah buku Indonesia - Malaysia berjudul Kembara Penyair Ikhtisas (KPI) di Aula PDS HB Jaasin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (16/6).

Pelibatan generasi muda sangat penting untuk mengetahui bagaimana membangun karya sastra

Hadir dalam acara bedah buku yakni Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta, Firmansyah; Koordinator KPI, Prof Dr Dato Kepten Hashim Yacoob (Malaysia); serta Sastri Bakry selaku Ketua Satupena Sumatera Barat. Kemudian, pembahas yang membedah buku karya gabungan penulis Indonesia dan Malaysia di antaranya, DR Helvy Tiana Rosa (sastrawan dan dosen UNJ) dan Dr Abang Patdeli (mantan Direktur Departemen Pengembangan Bahasa dan Sastra Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia dan Pakar Bidang Penulisan Kreatif Majlis Sastera Asia Tenggara (Mastera), Malaysia.

Acara bedah buku juga dimeriahkan pembacaan puisi oleh penyair Indonesia di antaranya Athena Qania, Sutardji Calzoum Bahri, Jose Rizal Manua, Boyke Sulaeman, dan Octavianus Masheka. Sementara pembaca puisi dari Malaysia adalah, Hashim Yacoob dan  TR Hamad.

Sudin Pusip Jakpus Gelar Bedah Buku Secara Daring

Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta, Firmansyah mengatakan, bedah buku KPI merupakan persaudaran rumpun melayu dalam rangka membangun karya sastra lebih membumi di masa mendatang.

"Ini penting karena bagian kehidupan dan peradaban di antaranya tidak sekadar infrastruktur, tapi juga karya sastra yang perlu dibangun ke depan," ujar Firmansyah, Jumat (16/6).

Ia berharap, kegiatan serupa juga lebih banyak digelar dengan melibatkan partisipasi generasi muda yakni mahasiswa dan pelajar SMA/sederajat.

"Pelibatan generasi muda sangat penting untuk mengetahui bagaimana membangun karya sastra," katanya.

Ditambahkan Firmansyah, kegiatan bedah buku KPI juga merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-496 Kota Jakarta yang digelar oleh Dinas Pusip DKI.

"Momentum bedah buku ini tepat untuk membumikan sastra di Jakarta. Sesuai tema HUT ke-496 Kota Jakarta. Dengan tema HUT, Jadi Karya untuk Nusantara merupakan satu sinergisitas sebab bicara nusantara dari Indonesia, Malaysia, Thailand, kita masih satu rumpun," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1200 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1131 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1128 personAnita Karyati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye930 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye928 personNurito