You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
JaKreatiFest 2023 Resmi Dibuka
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

JaKreatiFest 2023 Resmi Dibuka

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta membuka Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2023.

Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah

Kegiatan yang digelar secara hybrid di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat dari 16-18 Juni tersebut bagian dari rangkaian acara Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) dan HUT Ke-496 Kota Jakarta.

Kepala Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta, Arliana Abubakar mengatakan, JaKreatiFest 2023 merupakan salah satu program yang ditujukan untuk memperdayakan UMKM, industri halal kreatif dan pariwisata.

Pemprov DKI Optimis JaKreatiFest 2022 Dukung Kemajuan UMKM dan Percepat Pemulihan Ekonomi

Tujuannya untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dan daerah sekaligus juga mendorong Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global.

“Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah melalui gerakan Bangga  Berwisata, Bangga Buatan Indonesia yang sedang digalakkan,” kata Arliana, Jumat (16/6).

Ia menuturkan, selama kegiatan ini berlangsung, pihaknya menargetkan bisa meraih transaksi mencapai Rp 8,5 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menyampaikan, aktivitas perekonomian Jakarta merupakan barometer kegiatan perekonomian bagi daerah lain di Indonesia.

Pada Triwulan I 2023, kontribusi Jakarta terhadap perekonomian nasional sebesar 16,92 persen. Oleh karena itu diperlukan sinergisitas untuk membantu memperkuat pertumbuhan ekonomi Jakarta.

Di antaranya dengan menjaga daya beli atau tingkat konsumsi rumah tangga, akselerasi belanja pemerintah, mendorong pariwisata dalam negeri dan digitalisasi bagi pelaku ekonomi kreatif dan UKM serta penggunaan produk dalam negeri.

"Pada 2022 realisasi penggunaan produk dalam negeri di Jakarta sebesar Rp 20,454 triliun atau 180,47 persen dari Komitmen Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia,” jelasnya.

Realisasi tersebut, sambung Ratu, mampu mengantarkan Pemprov DKI Jakarta meraih peringkat pertama untuk kategori Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik pada ajang penghargaan yang diberikan Kementerian Perindustrian RI.

Sejak 2010, Pemprov DKI Jakarta juga telah membentuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan aktif berkoordinasi bersama BI dan Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP).

Khususnya dalam upaya mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dan mewujudkan stabilitas harga pangan

“Saya berharap JaKreatiFest dapat menjadi wadah berbagi ilmu dan mempercepat laju

pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2008 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1119 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye913 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye777 personBudhi Firmansyah Surapati